El Nino Ancaman Nyata Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Selatan

Syarkawi Rauf dalam 3rd Celebes Economic Outlook (CEO) Bussines Forum 2023, Kamis (8/6/2023)- foto by Akbar

CELEBESMEDIA.ID, Gowa - El Nino berpotensi memberi dampak pada tingkat inflasi pangan di Indonesia di paruh kedua 2023. Hal ini dipaparkan dalam 3rd Celebes Economic Outlook (CEO) Bussines Forum 2023.

Komisaris Utama PTPN IX Jateng Syarkawi Rauf mengatakan puncak El Nino berpengaruh besar terhadap sektor pertanian utamanya di Provinsi Sulsel yang mengandalkan komoditas padi dan jagung. Karena itu, sinergi yang telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi harus tetap dijaga dan diperkuat agar perekonomian tak tertekan akibat El Nino

"Tekanan Ekonomi kita beresiko tinggi akibat iklim. Saya menduga komoditi pertanian di Sulsel perlu penanganan serius, enam bulan kedepan, khususnya perencanaan ketersedian air," pungkas Syarkawi Rauf dalam 3rd CEO Bussines Forum, Kamis (8/6/2023).

Melansir laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

Dampak El Nino terhadap anomali iklim di Indonesia berupa kemarau panjang dapat berpotensi mengganggu produksi padi pada musim tanam kedua, dan mengubah pola tanam untuk musim tanam berikutnya.

Sehingga jika El Nino menerjang Indonesia, hal terssebut bis amempengaruhi sektor pertanian pada beberapa daerah di Indonesia.

Selama ini salah satu penggerak utama ekonomi Sulsel ada di sektor pertanian. Jika sektor ini susut bisa jadi memperngatuhi pertumbuhan ekonomi Sulsel hingga 0,5 persen.

Tak bisa dipungkiri, saat ini ekspor di Sulsel masih didominasi komoditas pertambangan seperti nikel sebesar 60 persen, sementara sektor pangan utamanya pertanian , masih tergerus.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Sulsel turut didorong sektor perdagangan. Otomatis sektor trnsportasi juga , ini yang membuat ekonomi Sulsel tetap tumbuh.

Laporan: Azwar Parawangi