MNEK 2023, Berkah Bagi Pedagang Asongan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Sempat terhenti akibat Covid-19, Kegiatan Multirateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2023 dihelat. Makassar menjadi tuan rumah pada perhelatan MNEK ke-4 ini yang dimeriahkan 36 negara.

Dibalik kemeriahan kegiatan ini, tersimpan cerita menarik dari seorang pedagangan asongan.

Fadil, begitu sapaan anak berusia 13 tahun ini. Sehari – harinya ia menjajakan manisan di Anjungan Pantai Losari. Fadil bercerita setelah  pulang sekolah ia langsung ke Anjungan Pantai Losari untuk menawarkan manisannya ke pengunjung pantai.

Tujuannya mulia untuk membantu orang tuanya. Hasil jualannya ia gunakan untuk menambah uang sekolah dan biaya hidup sehari – hari.

"Jualan begini karena mau bantu-bantu mama biaya sehari-hari, sama untuk bayar sekolah juga,” tuturnya.

Bocah bergigi gingsul ini mengaku sehari ia bisa mendapatkan Rp80.000. Namun dua hari terakhir pendapatannya bertambah lebih dari 100 persen.

MNEK 2023 ternyata membawa berkah baginya dan pedagang asongan lainnya yang berjualan di sekitar Pantai Losari.

“Iye Alhamdulillah, banyak orang yang datang beli jualanku." Ungkapnya, saat diwawancarai CELEBESMEDIA.ID, disela-sela menjajakan jualannya pada pawai MNEK di anjungan pantai losari, Selasa (06/06/2023) Sore

"Kalau hari biasa, cuman dapat Rp.80.000, kalau sekarang ada acara ini sampai Rp.200.000 per hari, Alhamdulillah," lanjutnya.

Selain mendongkrak penghasiilannya, MNEK juga membukakan kesempatan fadil melihat langsung kapal perang dari mancanegara.

"Iyee senang dan bahagia, karena jualanku laku, sama bisaka lihat tentara sama kapal perang luar negeri datang di Makassar," tutupnya.

 Laporan: Moh. Firmansyah Putra