Bupati Luwu Ucapkan Belasungkawa Atas Meninggalnya Korban Banjir dan Tanah Longsor

CELEBESMEDIA.ID, Luwu - Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban dalam musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Walenrang-Lamasi pada Minggu (3/10/2021).

Ucapan belasungkawa disampaikan Bupati Luwu di Posko Induk BPBD Luwu di Kecamatan Walenrang, Senin (4/10/2021), usai melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi terdampak banjir.

“Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu, saya menyampaikan ucapan belasungkawa dan turut berduka yang sedalam-dalamnya atas ditemukannya korban tanah longsor di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, dalam keadaan meninggal dunia, kepada Kepala Desa Ilan Batu yang merupakan orang tua dari korban meninggal, semoga sabar dan tabah menghadapi ujian ini,” kata H Basmin Mattayang.

Sebelumnya, disela-sela kunjungannya sambil menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir, Bupati selalu menyampaikan agar tetap bersabar dalam menghadapi musibah ini.

“Kepada keluargaku semua, sabar dan tabahki hadapi musibah ini, yang jelas kita tidak sendiri karena pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Luwu hadir untuk berbagi duka serta akan membantu meringankan beban keluargaku yang tertimpa musibah,” lanjut H Basmin Mattayang.

Kunjungan Bupati kali ini didampingi pula oleh seluruh kepala OPD Lingkup pemerintah Kabupaten Luwu.

“Sengaja saya instruksikan seluruh kepala OPD untuk ikut dalam peninjauan ini, karena musibah ini butuh penanganan serius, kita semua harus terlibat dan saling kerjasama untuk membantu keluarga yang tertimpa musibah. Kepada para kepala desa dan camat agar mendata betul-betul warganya yang terdampak banjir termasuk kerugian materi yang mereka alami, selalu pantau. Jika mereka butuh bahan makanan segera lapor ke posko induk. Di sini juga sudah ada dapur umum,” lanjut H Basmin Mattayang.

Dalam kunjungan tersebut, ikut serta Kepala Sub Direktorat Penanganan Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI, Muhammad Delmi dan Staf Bidang Pemulihan Sosial, M Alfian yang mendapat tugas khusus dari Menteri Sosial untuk memantau kondisi pasca Bencana Banjir dan tanah Longsor di Kabupaten Luwu.

“Berdasarkan Agenda, Ibu Menteri sosial akan berkunjung ke Kabupaten Luwu pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021. Tetapi kita masih menunggu rundown resmi dari protokoler,” kata Delmi.

Menurut Informasi dari BPBD Kabupaten Luwu, telah ditemukan korban meninggal akibat tanah longsor di desa Ilan Batu, Kecamatan walenrang Barat, atas nama Abd Rahman (14 tahun), Abu Sofyan (12), Imam (10), dan Furqon (8), semuanya berjenis kelamin Laki-laki yang merupakan anak dari Kepala Desa Ilan Batu.