Evakuasi Pendaki yang Hypotermia, Tim SAR Bagi Dua SRU

Tim SAR Gabungan telah bergerak ke Gunung Bawakaraeng untuk melakukan pencarian dan evakuasi, Rabu (2/1/2019) / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, Sungguminasa – Sembilan pendaki dikabarkan mengalami kendala di Gunung Bawakaraeng, Selasa (1/1/2019) malam. Dari 9 pendaki itu, dua orang mengalami hypothermia di pos 5 dan dua orang disebutkan kesasar.

Untuk melakukan pencarian dan evakuasi, tim SAR gabungan telah bergerak tadi pagi, Rabu (2/12/2019). Tim SAR gabungan ini dibagi menjadi dua SAR Unit (SRU).

Adapun unsur terlibat dalam pencarian dan evakuasi adalah Basarnas Makassar (8 orang), SAR UNM (5 orang), SAR Antariksa (1 orang), SAR Pemuda (2 orang), SAR Locus (5 orang), SAR Unibos (1 orang), 6. KSR 102 UMI (3 orang), SAR Pramuka (1 orang), KPA Forkasa (1 orang), Rapi Gowa (3 orang), Polsek Tinggi Moncong  (5 orang), Koramil Tinggi Moncong ( 3 orang), dan masyarakat setempat.


SRU pertama bergerak dari Pos Buluballea langsung menuju ke Pos 5. “Sementara SRU dua dari Pos Buluballea menuju ke pos pohon jomblo kemudian mengarah ke pos antara 5 dan 6,” kata Adhe Hamsidar, Humas Basarnas Makassar.