Jelang Lebaran, Tempat Penitipan Kucing Banjir Rezeki

Kucing yang dititipkan di tempat penitipan hewan Jalan Abd Daeng Sirua - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jelang Lebaran tempat penitipan kucing panen rezeki. Banyak warga yang menitipkan kucingnya untuk ditinggal mudik.

"Jelang lebaran itu meningkat, biasa 5 atau 3 hari sebelum lebaran itu sudah full (kandang untuk menitipkan kucing, tapi saat ini baru satu yang terisi," kata Vivi Karyawan La Coste Pet Shop dan Clinic.

Vivi mengaku untuk biaya penitipan kucing di tempatnya yang terletak di Jl Abdullah Daeng Sirua, setiap harinya dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu. Adapun fasilitasnya selain kadang  diberikan juga pasir kucing.

"Tapi untuk makananan kucingnya itu yang punya kucing harus bawa sendiri atau bisa beli di tempat kami," ucapnya.

Namun  kucing yang ingin dititpkan syaratnya telah divaksin dan memperlihatkan bukti vaksinnya. Minimal vaksin pertama.

"Kalau tidak ada tidak diterima karena sekarang rawan virus kucing jadi harus jaga-jaga, karena kalau tidak vaksin nanti kenapa-napa (ada penyakit) kucingnya baru dititip ki, bahaya bagi kucing lain," bebernya.

Vivi juga menuturkan, saat ini ditempatnya hanya menyiapkan maksimal 8 kandang. Sementara orang yang menitipkan kucingnya itu paling lama sekitar 1 Minggu.

"Jenis kucing yang dititip di sini bebas, tapi kebanyakan kucing yang dititip jenis Persia," tandasnya.

Meski full booking, namun ia mengaku tidak ada kenaikan tariff untuk jasa penitipan,

"Untuk harganya tetap Rp30 ribu tidak ada kenaikan," tuturnya.

Selain itu, di tempatnya ia juga menyediakan dokter hewan atau Pet Clinic. Seperti Grooming kucing atau memandikan, menyisir bulu, memotong kuku, membersihkan telinga dan memberikan obat jamur atau kutu pada kucing.

"Grooming kucing sehat biayanya Rp50 ribu kalau ada kutu atau jamur biayanya Rp65 ribu, cek up Rp60 ribu, vaksin kucing pertama Rp160 ribu, vaksin kedua Rp170 ribu dan vaksin rabies Rp85 ribu," tutupnya.

(Laporan: Darsil Yahya)