DPRD Sulsel akan Umumkan Susunan AKD yang Baru

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif - (foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2019-2024 akan umumkan hasil perubahan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk setengah masa jabatan terakhir pada Kamis siang (23/06/2022).

Syaharuddin Alrif selaku wakil ketua DPRD Provinsi sulawesi selatan mengatakan bahwa perubahan susunan AKD yang telah disepakati, sama dengan susunan pada awal periode. Akan tetapi, ada pergeseran nama dan fraksi sehingga pembahasan berjalan cukup alot.

"Memang rolling AKD ini sama dengan komposisi yang kemarin, cuma Golkar dapat sekian, Nasdem sekian dan lain-lain. Komposisinya sama dengan tahun lalu, di awal periode tapi ada pergeseran nama dan fraksi, sehingga itulah yang agak alot dan tinggi dinamikanya," jelas Syaharuddin Alrif kepada CELEBESMEDIA.ID.

Lebih lanjut, Syahar yang juga kader fraksi Nasdem membeberkan fraksi yang akan mengisi posisi pimpinan AKD, yakni Komisi A diisi oleh PKS, Komisi B gerindra, Komisi C Demokrat, Komisi D Nasdem dan Komisi E diisi oleh fraksi Golkar.

Selain itu, badan anggaran (Banggar) akan diisi oleh fraksi PKB dan Nasdem, Bapemperda oleh PDIP, Badan musyawarah  (Bamus) oleh PPP dan Badan kehormatan (BK) diisi oleh fraksi Golkar.

Penetapan perubahan susunan AKD tersebut akan diumumkan pada Rapat Paripurna yang telah dijadwalkan pada Kamis siang yang akan dirangkaikan dengan agenda usulan perubahan peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

(Laporan: Fitri Khaerunnisa)