DKP Sulsel Hadirkan Gelar Pangan Jelang HBKN di Tiga Kabupaten

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, pada tahun ini kembali menggelar, Gelar Pangan 2023 yang dilaksanakan secara serentak di tiga Kabupaten yaitu Soppeng, Luwu Utara dan Enrekang selama dua hari yaitu Senin (20/3) dan Selasa (21/3).

Gelar Pangan di Kabupaten Soppeng akan digelar di Pelataran Mesjid Raya, kemudian di Enrekang dilaksanakan di Anjungan Sungai Mata Allo dan di Luwu Utara dilakukan di Pelataran Kantor Bupati.

Kegiatan Gelar Pangan ini merupakan tahun kedua pelaksanaannya, dimana dilakukan sebagai upaya dalam menghadirkan pangan murah yang diperuntukkan untuk masyarakat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel, Kemal Redindo Putra Syahrul, menjelaskan GP 2023 ini menunjukkan komitmen stakeholder terkait  pelaksanaan kegiatan stabilitas harga pangan dan pasokan.

Kegiatan ini, menurut Redindo  upaya Pemerintah untuk membantu masyarakat  mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas.

"Kami ingin mendekatkan serta mempermudah akses pangan ke masyarakat, kemudian              memotong rantai distribusi pangan dari petani/peternak/distributor/supplier dan langsung disalurkan ke masyarakat sehingga harga yang diperoleh lebih murah dari harga pasar," jelas Redindo Senin (20/3)

Selain tentunya dalam rangka menjaga  stabilitas harga pangan di tingkat konsumen, ia menambahkan gelar pangan ini secara  tidak langsung berperan sebagai stabilisator, dalam menjaga pasokan pangan dan harga pangan terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

"Gelar pangan ini, membantu  masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok makanan dengan harga lebih murah dari harga di pasaran," sebutnya

Berbagai kebutuhan pokok yang dijual, diantaranya  Beras, Telur, Minyak Goreng, Bawang Merah, Bawang Putih, Gula Pasir, Cabe Rawit merah, daging sapi dan olahannya, dan Ayam serta komiditas pangan lainnya yang merupakan produk UMKM.

Sejumlah vendor/pemasok/suplier ikut berpartisipasi antara lain, ada Pinwil. Bulog Sulselbar, menghadirkan Beras, Minyak Goreng dan Gula Pasir.

Kemudian PTPN IX dengan komiditi gula pasir,  Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel menghadirkan Suplier seperti PT. Indomilk, PT. Tiran, Mega Putra, selain itu ada juga Dinas Ketahanan Pangan Kab. Soppeng dengan komoditi Bawang Merah, Bawang Putih, Telur dan Cabe Rawit.

Selain itu, turut berkolaborasi antara Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulsel, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Soppeng mengambil bagian dengan Ikan air tawar dan olahannya.

 PT. Berdikari/BULS menghadirkan Daging sapi beku dan olahannya, Gapoktan binaan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Sulsel untuk komoditi Beras Segar dan UMKM-UMKM Binaan Provinsi dan Kabupaten.

Kegiatan Gelar Pangan juga ini selain dilaksanan jelang Hari Besar Keagamaan juga merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Soppeng ke-762, yang akan dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dimana dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara virtual di dua kabupaten.

Selain itu juga, memeriahkan Hari Jadi Soppeng juga dilakukan gerakan Anti Mager Selasa (21/3). (*)