Seminar Nasional Teknik PWK Unibos Hadirkan 4 Pembicara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Seminar Nasional Perencanaan.

Tema dalam seminar ini "Penguatan Pendidikan dan Profesi Perencanan di Indonesia" dan berlangsung di Balai Sidang 45 Unibos Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (17/2/2023).

Sebanyak 4 narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini, Rektor Universitas Bosowa Prof Batara Surya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN, M. Shafik Ananta Inuman.

Ketua Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia ASPI, Prof Iwan Rudianto dan Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia IAP, Hendricus Andy Simarmata.

Rektor Unibos, Prof Batara Surya menegaskan mahasiswa Unibos harusnya bangga sebab Unibos menjadi universitas pertama di timur Indonesia yang memiliki jurusan perencanaan wilayah.

"Universitas Bosowa ini merupakan perintis keberadaan perencanaan wilayah kota di Indonesia timur adalah hari ini semua pakar-pakar pada di Kota Makassar," katanya.

Keberadaan perencanaan wilayah, lanjut Prof Batara Surya merupakan hal yang penting terlebih dalam membangun kota yang nyaman bagi warganya. Mislanya mewujudkan kota yang bebas banjir.

"Kita sebagai seorang perencana ya harus kita sikapi ke depannya karena kelihatannya metropolitan area di Indonesia ini penyakitnya sama banjir atau macet yang semakin parah," ucapnya. 

"Mungkin ada solusi pemikiran-pemikiran yang bisa kita kontribusikan," lanjutnya.

Selain seminar nasional kegiatan juga dirangkaikan dengan Pertemuan Tahunan Nasional Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).

Laporan : Darsil Yahya