Lubang Jalan Hertasning Ditambal Usai Celakai Selebgram

Jalan Hertasning mulai ditambal - (foto by Risky)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kondisi Jalan Hertasning yang berlubang sudah menjadi keluhan banyak pengendara.

Namun beberapa hari terakhir kondisi buruk jalan itu mulai viral di media sosial usai kecelakaan seorang selebgram Makassar karena menginjak lubang di Jalan Hertasning tepar di depan Rumah Sakit Grestelina. Konten kreator itupun dilarikan ke rumah sakit karena luka-luka.

Gara-gara viral dan menjadi buah bibir, lubang-lubang di Jalan Hertasning mulai ditambal. Sayangnya pembenahannya tidak menyeluruh. Lubang yang diaspal hanya di depan RS Grestelina. Sementara lubang di bagian lain dibiarkan menganga. Ada juga yang sudah tertambal tapi hanya menggunakan paving blok

Kondisi jalan yang hanya ditambal paving blok juga membuat pengendara tak nyaman karena bergelombang dam sama bahayanya jika tidak ditambal. 

"Sebenernya kalau ditambal pakai begini (paving blok) kurang cocok kalau di Jalan Hertasning, karena inikan jalanan padat. Baru jelek juga kalau kita lewat diatasnya karena bergelombang. Kadang kita susah kontrol kecepatan kendaraan. Maksud saya kenapa tidak ditambal dengan bahan yang serupa saja dengan aspal," ujar salah satu pengendara yang juga salah satu mahasiswa, Zulkifli (22) kepada CELEBESMEDIA, Rabu (15/5).

Kondisi Jalan Hertasning memang memprihatinkan sebagai jalab provinsi. Jika berkendara dari Jalan Tun Abd Razak, Gowa  menuju Jalan AP Pettarani, Makassar tentulah harus  melewati Jalan Hertasning sebagai penghubung antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. 

Tetapi sepanjang melewati Jalan Hertasning, sekitar ±3 kilometer pengendara akan melalui puluhan lubang dengan berbagai ukuran di tengah -tengah Jalan Hertasning

Ada lubang yang berdiameter kecil, ada juga yang diameter lubangnya besar. Lubang-lubang ini bahkan memiliki kedalaman antara 3-6 cm. 

Menurut pengakuan warga setempat, Ayu (38) yang tinggal tak jauh dari sekitar RS Grestelina, tak sedikit pengendara yang terjatuh akibat lubang tersebut. 

"Kodong, banyak mi korban jatuh di jalan Iye, karena kan sering orang tidak liat kalau ada lubang di depannya, apalagi kalau kondisinya lagi hujan, dan itu lubang terisi air, pasti mi orang tidak liat, disitu mi biasa orang terjebak bahkan ada yang jatuh," ucap Ayu (38). 

Meski jalan berlubang di depan RS Grestelina telah dibenahi namun bukan berarti PR Pemerintah telah berhenti sampai disini, karena ada begitu banyak jalan berlubang yang harus dibenahi di jalan Hertasning tersebut. 

Tim CELEBESMEDIA, sudah berulangkali mencoba menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel namun hingga kini tidak memberikan respon terkait Jalan berlubang di Hertasning.

Laporan: Riski