Kemendagri Nilai Pj Gubernur Zudan Sukses Bawa Perubahan Baik di Sulsel

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dinilai menjadi sosok penjabat gubernur yang membawa perubahan baik di Sulsel selama tiga bulan menjabat sebagai orang nomor satu di Sulsel.

Hal tersebut disampaikan seluruh verifikator Kememteria Dalam Negeri (Kemendagri) yang hadir dan melakukan evaluasi terhadap kinerja Pj Gubernur Zudan setelah tiga bulan lebih menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel, Mei-Agustus 2024, di Inspektorat Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (12/9).

Bahtiar Sinaga yang menjadi evaluator Kemendagri mengatakan, bahwa dari pemaparan Pj Gubernur Sulsel yang akrab disapa Prof Zudan tersebut tergambar kinerjanya yang sangat baik di Sulsel.

"Pemaparan beliau sangat bagus. Komprehensif. Dan detail juga. Kalau melihat data-datanya dan fakta atau evidens yang dipaparkan, beliau membawa perubahan baik di Sulsel," ujar Bahtiar.

Contoh perubahan itu adalah bagaimana kemiskinan turun di Sulsel, penanganan anak putus sekolah dengan  baik, inflasi terkendali dengan baik di Sulsel selama tiga bulan, harga terjangkau, dan semua itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

"Bagus dan lengkap," singkatnya pada awak media.

Hal yang sama juga dikatakan Yoshepus, salah seorang evaluator. Dia menilai bahwa ada perubahan mindset yang dilakukan Prof Zudan di Pemprov Sulsel, khususnya di sektor digitalisasi.

Saat pemaparan, ada peningkatan tanda tangan elektronik atau digital signature yang dilakukan selama tiga bulan lebih di Sulsel. Prof Zudan mengungkapkan bahwa sebelum dirinya masuk dan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulsel, tanda tangan pengguna elektronik itu di Pemprov Sulsel masih 332 akun user. 

Setelah Prof Zudan masuk, maka user Tanda Tangan Elektronik di Sulsel yang diterbitkan oleh Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) Badan Sandi Dan Siber (BSSN) itu langsung naik di atas 400 persen menjadi 1.223 user.

"Ini baik. Di era sekarang kan ini yang dibutuhkan. Makanya saya bilang sukses membawa perubahan baik di Sulsel," ujarnya.