Ini Penjelasan BMKG Soal Oarfish di Selayar yang Dikaitkan Pertanda Gempa dan Tsunami

Nelayan Bulukumba tangkap ikan Oarfish - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan berita viral ditemukannya ikan Oarfish di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ikan Oarfish adalah ikan yang tinggal di dasar laut dan jarang muncul ke permukaan.

Ditemukannya ikan ini oleh nelayan Bulukumba di perairan sebelah Timur Kepulauan Selayar pastinya menghebohkan publik, pasalnya ikan Oarfish dipercayai membawa pesan dari dasar laut sebagai pertanda akan ada gempa atau tsunami.


Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, menegaskan munculnya ikan laut dalam tersebut, bukan merupakan tanda akan terjadi gempa dan tsunami di wilayah itu.

"Untuk fenomena kemunculan ikan Oarfish, kami dari BMKG menyatakan bahwa tidak ada kaitannya kemunculan ikan tersebut dengan pertanda akan terjadi gempa besar dan tsunami," kata, Nur Asia Utami, Prakirawan BMKG Makassar, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan pernyataan Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami BMKG, Daryono, bahwa hasil kajian statistik terbaru mengungkap bahwa jenis ikan laut dalam seperti oarfish yang muncul di perairan dangkal tidak berarti gempa akan segera terjadi.

"Beberapa majalah ilmiah juga pernah mempublikasikan bahwa kemunculan ikan laut dengan peristiwa gempa besar. Hasil kajian menyatakan bahwa kemunculan ikan oarfish bukanlah pertanda akan terjadi gempa besar," terangnya.

Tags : oarfish selayar