1 Januari 2020, Tagar #Banjir Jadi Trending Topic di Indonesia

Banjir menggenangi jalur rel di Stasiun KA Sudirman, Menteng, Jakarta, Rabu (1/1/2020) - (foto by antara/ditya Pradana Putra)

CELEBESMEDIA.ID, MakassarTagar #banjir, menjadi trending topic di Indonesia. Di Twitter, tagar #banjir bahkan sejak Rabu (1/1/2020) pagi hingga siang menempati posisi teratas trending topic. Penelusuran CELEBESMEDIA.ID, hingga pukul 13.20 WITA, tagar #banjir telah di Tweet sebanyak 35 ribu kali.

Kabar banjir ini mendominasi informasi di media maya setelah hujan deras yang  turun sejak selasa malam hingga Rabu pagi menyebabkan banjir di Jakarta, bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Banjir tak hanya merendam perumahan warga, namun juga menganggu fasilitas umum seperti sejumlah perjalanan kereta api dan transportasi massa lainnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Komunikasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo menjelaskan bahwa hujan lebat diprediksi masih terjadi hingga Rabu malam (1/1/2020) di wilayah Jabodetabek. Ia mengimbau masyarakat tetap siaga banjir. 

Agus Wibowo juga mengingatkan masyarakat, khususnya yang bermukim di daerah rawan banjir agar mengungsikan barang-barang berharga mereka ke tempat aman.