3 Masalah Perusahaan dalam Mengelola SDM

CELEBESMEDIA.ID Makassar - Fauziah Zulfitri, Founder dan Director Insight Sinergi Talenta mengungkapkan ada tiga permasalahan yang seringkali dihadapi perusahaan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Fauziah mengatakan, permasalahan pertama itu perusahaan sering salah rekrut SDM. "Jadi sumber dari segala sumber permasalahan SDM itu adalah salah rekrut karyawan," kata Fauziah dalam program Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2022, Kamis (28/4/2022).

Sehingga ia berpesan kepada perusahaan jangan mengundang orang yang tidak kompeten, tidak termotivasi dan tidak sesuai budaya perusahaan.

"Sebab jika kita salah rekrut maka kita setengah mati mau kembangkan dia, dia tidak mau berkembang jadi kita mengeluarkan investasi, dana, upaya, mengeluarkan waktu untuk orang-orang yang tidak cocok dengan perusahaan kita karena bisa jadi dia cocok dengan tempat lain," ucapnya.

Kedua kata Fauziah adalah perusahaan salah treatment, sehingga orang atau karyawan yang memiliki petonsi yang bagus  maka ia akan meninggalkan perusahaan.

"Contohnya orangnya sudah bagus dan sudah masuk di perusahaan tapi treatmentnya salah misalnya dari kompensasinya kurang, dari sisi development kurang, peluang karir tidak ada,"  ucapnya. 

"Selain itu gaya pemimpin perusahaan karena yang bikin orang keluar perusahaan itu 75 persen gara-gara gaya kepemimpinan jadi kalau ini semua terjadi di dalam organisasi, kita salah treatmentnya maka orang bagus juga bisa keluar," sambungnya.

Kemudian yang terakhir kata perempuan yang akrab disapa Oci ini adalah menjaga orang atau karyawan.

"Menjaga orang itu susah sekali karena tiap orang bagus itu pasti merasa punya banyak pilihan. Apalagi di Makassar sudah susah cari orang bagus susah pula dijagain kalau dia sudah bagus dilirik mi sama orang lain dan diiming-imingi gaji lebih tinggi maka dia pindah jadi masalah berikutnya itu harus menjaga karyawannya," pungkasnya.

Laporan: Darsil Yahya