Polrestabes Makassar Gelar Operasi Zebra 2020, Ini Jadwal dan Lokasinya

Satlantas Polrestabes Makassar menggelar razia di Jl Hertasning, beberapa waktu lalu - (foto by Arbab)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar menggelar Operasi Zebra 2020 yang dijadwalkan selama dua pekan ke depan, 26 Oktober hingga 8 November mendatang.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Fatur Rahman mengatakan Operasi Zebra kali ini masih menggunakan sistem stasioner dan hunting, serta mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Sebanyak 90 personel Satlantas Polrestabes Makassar diturunkan, serta melibatkan Polsek dan jajaran. Lokasi yang jelas sangat selektif, tidak akan menimbulkan kemacetan," papar AKBP Fatur saat dihubungi CELEBESMEDIA.ID, Senin (26/10/2020).

Sasaran Operasi Zebra 2020 yakni pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, menggunakan HP saat berkendara, melawan arus, kelengkapan surat-surat.

"Pengemudi roda empat atau lebih wajib menggunakan sabuk keselamatan, anak di bawah umur dilarang berkendara dan juga kendaraan yang kelebihan muatan, serta pelanggaran stop line," tambahnya.

Operasi Zebra ini digelar serentak di Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Sulsel. Aparat akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam Operasi Zebra 2020. Penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas merupakan opsi terakhir.

Penindakan hukum terhadap pelanggar akan difokuskan kepada pengendara yang membahayakan keselamatannya dan orang lain, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.