4 Pjs Kepala Daerah Dilantik Pekan Depan, Arwin Aziz Jadi Pjs Walikota Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Empat Penjabat sementara (Pjs) Kepala Daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) rencana akan dilantik pekan depan.

Empat daerah yang akan dijabat Pjs ialah, Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Toraja Utara. Keempat Pjs tersebut akan dilantik Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh. 

Santer terdengar, nama Arwin Aziz yang kemudian akan menjadi Pjs Walikota Makassar. Arwin Aziz merupakan Kepala Satpol PP Provinsi Sulawesi Selatan. Pj Gubernur Zudan Arif Fakrulloh pun saat dikonfirmasi tak menampik kabar tersebut. 

" Kita memang usulkan namanya (Arwin Aziz), tetapi kita belum tahu disetujui atau tidak, " kata Pj Gubernur yang akrab disapa Prof Zudan saat dikonfirmasi, Minggu (22/9).

Ia mengatakan nama Arwin Aziz dan sejumlah nama lainnya, memang telah diusulkan ke pusat untuk menjabat sebagai Pjs, meski demikian tak serta merta usulan tersebut dapat diterima oleh pusat.

Karena pusat juga kata dia memiliki wewenang untuk menunjuk langsung Pjs suatu daerah tanpa harus mengacu pada usulan. 

" Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah mengusulkan sejumlah nama untuk mengisi jabatan Pjs Kepala Daerah. Hanya saja, Pemerintah Pusat bisa langsung memilih tanpa melihat usulan tersebut, " sambungnya. 

Selain itu, ia pun menyampaikan seluruh Pjs Kepala Daerah yang akan menjabat di itu harus dikukuhkan sebelum masa kampanye Pilkada tiba. 

Jika merujuk pada Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, masa kampanye rencananya akan terlaksana 25 September 2024 – 23 November 2024 mendatang.

Laporan : Riski