Fraksi Golkar Usulkan Anggaran Stadion Mattoanging Dihibahkan ke GBH Parepare

Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare - (foto by Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fraksi Golkar mengusulkan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare untuk mendapatkan bantuan hibah Rp66,2 milliar. 

Hal itu diketahui dalam agenda rapat paripurna jawaban Gubernur Sulsel, di Gedung DPRD, Rabu (21/9/2022).  

Usulan itu muncul sebab anggaran APBD 2022 sebesar Rp66,2 milliar yang seharusnya diberikan untuk pembangunan Stadion Mattoanging dipastikan tak bisa menyerap seluruh anggaran tersebut. 

Usulan itu disampaikan oleh Juru Bicara Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Rahman Pina mengingat bahwa waktu yang tersisa tinggal sedikit dan belum ada proses tender. Sehingga Fraksi Golkar mengusulkan agar anggaran tersebut bisa dimaksimalkan. 

"Kami usulkan, yang pertama untuk diberikan bantuan hibah kepada pemerintah kota Parepare, yang saat ini saat berusaha dan bersungguh-sungguh untuk melakukan pembenahan, perbaikan dan pembangunan Stadion, yang sekarang satu-satunya menjadi representatif masyarakat Sulsel," kata Rahman Pina. 

Dia mengusulkan supaya anggaran tersebut dihibahkan kepada Pemerintah Kota Parepare yang dinilainya bersungguh-sungguh dalam pembangunan stadion. Apalagi menurutnya Stadion BJ Habibie juga mengharumkan nama wilayah Sulsel dan PSM Makassar.

"Sekaligus mengharumkan nama Sulsel di pentas sepakbola Nasional," ujarnya. 

Tak hanya itu, Legislator Golkar yang akrab disapa RP ini juga mengusulkan agar sebagian anggaran Stadion Mattoanging juga digunakan untuk mendukung sarana dan prasarana pendidikan. 

"Untuk mendukung sarana dan prasarana pendidikan yang didengungkan oleh Gubernur untuk bisa melayani daerah-daerah terjauh dan terisolir," sebutnya. 

Apalagi kata, Ketua Komisi E DPRD Sulsel itu, anggaran tersebut juga bisa digunakan untuk dukungan kepada panitia pekan olahraga provinsi Sulawesi Selatan. 

"Kalau masih ada lagi, bisa juga digunakan untuk dukungan kepada panitia pekan olahraga provinsi (Porprov) Sulsel, yang akan beberapa hari lagi akan digelar. Tapi dananya belum tersedia," tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, yang hadir membacakan jawaban gubernur menyatakan, bahwa pihaknya akan berupaya untuk tetap melanjutkan proyek Stadion Mattoanging. Hanya saja, mereka sangat berhati-hati mengingat ada proses hukum.

"Kami akan berusaha sepenuhnya untuk menghadirkan stadion yang merupakan keinginan masyarakat Sulsel. Kami masih mengedepankan kehati-hatian di mana ada gugatan hukum," tuturnya. 

Laporan: Darsil Yahya