Sidak ke Wisma dan Kos, Satpol PP Makassar Amankan Pasangan bukan Suami Istri

Petugas Satpol PP melakukan sidak di salah satu wiswa, Rabu (13/2/2019) malam / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, MakassarSatpol PP Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah wisma dan kos di Kecamatan Ujung Pandang dan Kecamatan Wajo, Rabu (13/1/2019) malam. Selain itu, Satpol PP juga melakukan razia alat kontrasepsi atau kondom yang masih dijual bebas di sejumlah mini market.

Kasatpol PP Makassar, Iman Hud,  mengatakan, razia dan sidak ini dilakukan sesuai dengan himbaun Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, yang melarang merayakan Hari Valentine secara berlebihan.

“Terutama bagi anak-anak muda, yang remaja, merayakan Valentine cenderung melakukan tindakan yang dapat merusak moral dan asulila, melakukan seks bebas. Ini yang kita cegah,” katanya.

“Hari Valentine tidak seharusnya dijadikan momentum melakukan hal-hal tersebut, karena sangat bertentangan dengan kultur budaya lokal masyarakat Makassar. Artinya silakan dirayakan, tapi tidak berlebihan sampai harus melanggar norma susila dan hukum yag berlaku," ujarnya.

Dari sidak wisma dan rumah kos, petugas mendapati beberapa pasangan yang bukan suami-istri tengah berduaan di dalam kamar. “Mereka lalu dibawa ke posko untuk dilakukan BAP,” ucap Iman.

Sementara razia yang dilakukan di beberapa minimarket, petugas masih menemukan alat kontrasepsi yang dijual secara bebas. Minimarket tersebut tidak mencantumkan pengumuman bahwa anak di bawah umur tidak boleh membeli secara bebas.

“Petugas lalu menyita beberapa barang bukti dan akan segera memanggil pemilik minimarket untuk memberikan penjelasan,” katanya.