Komunitas Motor dan Suporter Gelar Touring Celebes 360 untuk Berdonasi

Daeng Uki - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Komunitas pencinta motor yang juga suporter klub sepak bola PSM Makassar, akan menggelar Touring Celebes 360 keliling Pulau Sulawesi. 

Mereka akan start pada 17 November 2021 dari Makassar. Rute yang dilalui yakni jalan darat jalur Trans Sulawesi, yang menghubungkan Sulawesi Selatan, Barat, Tengah, Utara, Tenggara, dan Gorontalo dan kembali lagi ke Selatan. 

"Itu makanya, perjalanan ini kami sebut Touring Celebes 360. Kami hanya sekitar 10 motor, karena jauh dan memerlukan waktu lama," kata Nugraha Uki, Jumat (12/11/2021) kepada CELEBESMEDIA.ID di Makassar. 

Daeng Uki, begitu biasa di panggil, dedengkot kelompok suporter Laskar Ayam Jantan itu memperkirakan rute yang dilalui kelak lebih 500 kilometer. 

Dalam perjalanan, mereka akan mendonasikan mushaf Alquran dan perlengkapan shalat kepada masjid-masjid dan guru-guru mengaji. Terutama masjid-masjid dan guru mengaji yang paling membutuhkan donasi tersebut, yang merupakan sumbangan donatur. Lebih penting lagi masjid-masjid di daerah terpencil. 

Dia menambahkan, ide touring dan berdonasi itu muncul atas dasar pemikiran bagaimana memenuhi hobi tetapi sekaligus ada aktivitas yang memberi manfaat bagi orang lain. 

"Selama ini kalau touring, ya begitu saja. Hanya kesenangan kita saja. Kita tidak berbuat keburukan, tetapi bagaimana kita juga bisa berbuat baik, peduli kepada sesama yang membutuhkan," katanya. 

Ia bersyukur karena walaupun tidak banyak peserta tetapi respon masyarakat cukup baik ditandai dengan banyak yang berdonasi mushaf dan perlengkapan shalat, maupun makanan tahan lama.

Donasi itu, katanya, sudah dikemas dan dikirim ke daerah tertentu yang akan menjadi titik berhenti untuk kegiatan distribusi. Suporter di daerah-daerah pun juga ikut mengumpulkan donasi yang akan diambil pada saat peserta touring lewat daerah tersebut. 

Uki mengaku sebelumnya pernah melakukan penjelajahan Yogyakarta, Bali, Surabaya, kembali ke Makassar.