BI akan Bedah Ekonomi Berbasis Digital di 3rd CEO Bussines Forum

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Perwakilan dari Bank Indonesia (BI) akan menjadi salah satu pembicara dalam Celebes Economic Outlook (CEO) Bussines Forum (BF) 2023 yang akand ihelat di Padi Valley, Kamis besok (8/6/2023).

Deputi Direktur Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPW BI Provinsi Sulawesi Selatan, Sakti Arif Wicaksono menjelaskan BI akan membedah beberapa hal terkait ekonomi digital dalam CEO Bussines Forum, termasuk mendorong UMKM untuk masuk ambil bagian dalam ekonomi digital.

“Nanti mungkin kami akan sampaikan bagaimana sih ekonomi keuangan digital dan perkembangan ekonomi digital di Sulsel. Kami juga akan mendorong UMKM untuk masuk dalam ekonomi digital, misalnya bagaimana mengembangkan pembayaran digital, bagaimana prospek ekonomi global dan regional,” ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (7/6/2023).

Pria kelahiran 14 Desember 1977 ini memberikan sedikit bocoran jika negara-negara maju sudah seharusnya terus mengembangkan ekonomi berbasis digital karena hal itu akan memberikan kemudahan bagi pelaku ekonomi.

“Akan dirincikan sinergi bersama kami sebagai otoritas moneter dengan peaku usaha. Lalu bagaimana kita mengembangkan ekonomi digital biar tidak kalah dengan negara lain. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha misalnya dalam sistem pembayaran atau promosi produknya,” jelas Sakti.

Sakti menjelaskan sejauh ini sudah melakukan beberapa persiapan untuk memberikand ata konkrit saat pemaparan di CEO Bussines Forum 2023.

“Kami akan berusaha menyajikan informasi data – data selengkap mungkin dan semudah mungkin buat dipahami masyarakat. Tentunya apa yang kami sampaikan di CEO Forum bisa menjadi pembuka wawasan baru bagi pelaku usaha di Sulsel yang masih ragu masuk ke ekonomi digitial agar mengetahui manfaat dari ekonomi digital itu,” ungkap Sakti.

Alumni Magister Manajemen Keuangan Syariah  Universitas Indonesia ini juga mengapresiasi dihelatnya CEO Bussines Forum yang dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha dan otoritas moneter untuk saling bertukar pikiran.

“Pelaksanaan Business Forusm Celebes media ini sangat baik ini karena bisa menjadi pelaksanaan ketiga forum saling tukar pikiran terkait  pandangan tentang kondisi ekonomi saat ini,” tutupnya.                    

Perhelatan Celebes Economic Outlook (CEO) Bussines Forum (BF) merupakan kali ketiga digelar. Rencananya pada kegiatan kali ini akan digelar dengan konsep berbeda di Kawasan Golf Padivalley, Kamis 8 Juni 2023.