Sahabat Kenang Prof Marwan Mas Sebagai Sosok Bijak

Guru Besar Unibos Makassar, Prof Marwan Mas - foto by dok CELEBESMEDIA.ID

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepergian Prof Marwan Mas meninggalkan duka mendalam bagi banyak orang. Tidak hanya keluarga, rekan kerja dan sahabatnya kehilangan salah satu Guru Besar Universitas Bosowa (Unibos) itu.

Siti Zubaedah, salah satu sahabat almarhum yang juga rekan kerjanya di Unibos itu mengenang Prpf Marwan sebagai sosok yang bijak.

"Beliau orang yang bijak. Banyak yang berkonsultasi kepada almarhum terkait masalah hukum termasuk korupsi, termasuk kepala-kepala SKPD," jelas Siti Zubaedah kepada CELEBESMEDIA.ID, Minggu (5/3/2023). 

"Ia juga tegas. Tidak neko-neko. Tidak memihak kalau dalam penegakan hukum. Dia punya prinsip," kenangnya 

Siti Zubaedah yang juga Wakil Dekan II Unibos lanjut menceritakan kisah awal almarhum Marwan Mas di Universitas Bosowa yang dulunya adalah Universitas 45 Makassar.

"Marwan Mas itu alumni pertama Universitas 45 (sekarang Universitas Bososwa). Dia murid saya. Nanti di tahun 1989 ia diterima menjadi dosen di kampus tempat kuliahnya ini," ungkap Zubaedah.

Kecintaan almarhum Marwan Mas kepada dunia akademik sangat besar. Bahkan Zubaedah menceritakan almarhum rela meninnggalkan profesi awalnya sebagai penegak hukum untuk menjadi seorang pendidik.

"Profesi awlanya beliau itu polisi. Tetapi minta pensiun dini karena kecintaannya pada dunia akademi," kata Zubadeh.

Prof Marwan Mas merupakan dosen Fakultas Hukum Unibos. Selain aktif di forum asosiasi dosen Sulsel, almarhum juga pernah menjadi staf Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pernah menajdi staf Mahkamah Konstitusi yang menyusun  peraturan MK dan juga menjadi juri nasional lomba debat konstitusi. Bahkan 2 bulan lalu beliau masih aktif menguji mahasiwa S1 dan pascasarjana hukum di Unibos," lanjut Zubaedah. 

Prof Marwan Mas lahir di Bulukumba tahun 1962. Semasa hidupnya ada banyak karya yang berhasil dibuatnya. Setidaknya 5 buku cetak untuk mahasoswa sarjana dan pascasarjana lahir dari tulisannya. Diantaranya berjudul Pengantar Ilmu Hukum dan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya diberitakan Guru Besar Hukum Universitas Bosowa (Unibos), Prof Marwan Mas meninggal dunia Minggu (5/3/2023) dini hari. 

Prof Marwan Mas meninggal duni di Rumah Sakit Ibnu Sina pukul 00.20 WITA. Almarhum dikebumikan di kampung halamannya di Kelurahan Bonto Tangga Kecamatan Bonto Tiro, Bulukumba.