Prof Batara: Dekan Unibos Harus Mampu Membangun Inovasi Akademik

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) wajib melakukan berbagai terobosan, inovasi, dan kreativitas guna menghasilkan alumni yang siap bekerja dan diterima oleh masyarakat.

Sehingga Unibos harus mampu merespon berbagai situasi dan keadaan serta beradaptasi dalam memenuhi pasar kerja dalam era industri 4.0.

Hal itu diungkapkan Rektor Unibos Prof Batara Surya usai melantik Dekan, Wakil Dekan, Prodi se-Unibos periode 2022-2026 dan pejabat struktural Unibos lainnya di Balai Sidang 45 Jalan Urip Sumoharjo, Senin (4/7/2022).

“Adaptasi ini harus mampu kita tunjukkan mulai dari perubahan kurikulum, perbaikan sistem pengajaran, Tata Kelola Fakultas sampai pada penyiapan alumni untuk siap diterima oleh pasar kerja yang semakin kompleks,” katanya.

Menurut Prof Batara tantangan ini harus dijawab dan siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah, dunia industri, pelaku bisnis, dan masyarakat.

Guna merespon keadaan tersebut, kata Prof Batara, para dekan, wakil dekan, KPS, dan KTU yang dilantik harus siap berkolaborasi dan mendorong peningkatan kualitas SDM dosen. Tenaga pendidikan dan mahasiswa pada fakultas masing-masing.

“Harapan saya, kita tidak hanya berfikir untuk jangka pendek satu atau empat tahun ke depan, tetapi harus berfikir jangka panjang ke arah keberlanjutan institusi Universitas Bosowa di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dia juga mengatakan Universitas Bosowa harus mampu bertransformasi ke arah yang lebih baik, maju, dan unggul dalam menghadapi persaingan baik dalam lingkup regional, nasional, dan international.

“Kepada para dekan dan wakil dekan, harus mampu membangun inovasi akademik yang dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar yang baik, nyaman, dan kondusif bagi dosen dan mahasiswa serta perubahan kurikulum untuk merespon tuntutan dan kebutuhan pasar kerja. Para dekan, dan wakil dekan juga harus mampu menyelesaikan rasio jumlah mahasiswa dan dosen pada fakultas masing-masing,” bebernya.

Selain itu, Prof Batara para dekan juga harus menyiapkan sumber daya dosen untuk memiliki kompetensi dalam bidang penelitian dan mampu mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal bereputasi nasional dan internasional serta senantiasa memperbarui data base dan profil dosen dan mahasiswa pada fakultas masing- masing.

"Dengan demikian, proses pendidikan optimalisasi peran dan tanggung jawab Tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan yang terstruktur dan sesuai dengan prosedur akademik dan administrasi lainnya," tutupnya.

Laporan: Darsil Yahya