1.050 Polisi Amankan Unjuk Rasa Hari Sumpah Pemuda di Makassar

Unjuk rasa di bawah Fly Over Makassar, beberapa waktu lalu - (Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mahasiswa dari sejumlah kampus di Kota Makassar akan melakukan unjukrasa di berbagai ruas jalan memperingati hari sumpah pemuda, Jumat (28/10/2022).

Rencananya, mahasiswa dari berbagai organisasi dan kampus memusatkan aksinya dj gedung DPRD Sulsel dan flyover, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

Masyarakat diimbau untuk menghidari ruas jalan tersebut agar tak terjebak kemacetan.

Mengawal aksi peringatan sumpah pemuda polisi menurunkan sebanyak 1.050 personel.

"Personel yang dilibatkan sekitar 1.050 orang di 22 titik lokasi," ujar Kasubag Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando kepada CELEBESMEDIA.ID.

Lando menyebut beberapa organisasi yang telah memasukkan surat pemberitahuan aksi, diantaranya Himpunan Gerakan Pemuda Mahasiswa Nusantara, dan Himpunan aktivitas mahasiswa dan Komite Rakyat Demokratik (Komrad).

Serta Pencinta Otomotif dan Pemuda Kota Makassar GAMASI, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Antang Makassar, dan Koalisi Perjuangan Pemuda Mahasiswa.

"Personel melaksanakan pengamanan secara persuasif dan humanis, agar masyarakat khususnya pengguna jalan raya untuk senantiasa memonitor perkembangan situasi dan sekiranya menghindari lokasi titik aksi terutama Jalan Perintis (Kemerdekaan), Jalan Sultan Alaudin dan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan AP Pettarani (lokasi yang selama ini senantiasa menjadi lokasi titik aksi)," tutupnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, aksi peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober tiap tahunnya diwarnai dengan bakar ban dan penutupan jalan. Bahkan, sejumlah aksi juga berakhir ricuh.

Laporan: Darsil Yahya