Pertama dalam 30 Tahun, Presiden Ukraina Terima Menlu Arab Saudi

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Minggu (26/2/2023), menerima Menteri Luar Negeri Arab Saudi di Kiev.

"Kami menghargai kunjungan ini dan menganggapnya sebagai bukti penting dukungan untuk Ukraina, terutama saat peringatan dimulainya agresi skala penuh," kata Zelenskyy kepada Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, menurut sebuah pernyataan dari kepresidenan Ukraina.

Diberintakan ANTARA yang mengutip Anadolu, kunjungan menteri luar negeri tersebut menandai kunjungan tingkat tinggi pertama dari Arab Saudi ke Ukraina selama lebih dari 30 tahun.

"Pertama-tama, saya ingin berterima kasih pada Anda yang mendukung perdamaian di Ukraina, kedaulatan dan integritas wilayah kami. Ini sangat penting untuk kami dan rakyat kami, masyarakat kami," kata Zelenskyy.

Kedua pihak membicarakan pentingnya dukungan Arab Saudi atas kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, khususnya di dalam PBB.

Mereka juga memberi perhatian khusus kepada "penerapan Formula Perdamaian Ukraina," menurut pernyataan tersebut.

Zelenskyy mengatakan bahwa negaranya tetap berkontribusi untuk ketahanan pangan global meski terjadi perang.

"Para pihak bertukar pandangan mengenai partisipasi dari sisi Arab Saudi dalam pemulihan pascaperang Ukraina, serta keterlibatan dalam proyek-proyek yang menjanjikan di sektor investasi, pertanian, dan energi," lanjut pernyataan tersebut.