Peserta WWF ke-10 Tembus 46 Ribu, Diharapkan Sepakati 120 Proyek Strategis

Logo World Water Forum ke-10 2024 terpampang di Bundaran HI, Jakarta. Indonesia menjadi tuan rumah WWF ke-10 yang dilaksanakan di Bali 18-25 Mei - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Peserta World Water Forum (WWF) ke-10 menembus angka 46 ribu orang. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menurutnya angka ini sudah melampaui target peserta.

“Jadi kami melihat ini sudah melebihi ekspektasi kami sebelumnya 35 ribu peserta,” kata Sandiaga Uno di sela menghadiri upacara Segara Kerthi serangkaian WWF ke-10 di Pantai Serangan, Denpasar, mengutip Antara, Sabtu (18/5).

Ada pun berdasarkan data panitia World Water Forum Ke-10, data kehadiran peserta per Sabtu pagi sudah mencapai 20 ribu orang dan akan terus bertambah hingga diperkirakan menyentuh 50 ribu orang peserta, mengingat agenda tiga tahun sekali itu berlangsung hingga 25 Mei 2024.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan WWF  diharapkan menyepakati pelaksanaan 120 proyek strategis bernilai 9,4 miliar dolar AS atau sekira Rp150 triliun berkenaan dengan penanganan masalah air dan sanitasi.

"Kita harus menghasilkan concrete deliverables dari forum ini, akan melaksanakan 120 proyek strategis terkait air bernilai 9,4 miliar dolar AS, termasuk tindak lanjut dari inisiatif Indonesia di G20 tahun 2022, yaitu G20 Bali Global Blended Finance Alliance (GBFA)," kata Luhut saat membuka Rapat Koordinasi Panitia Nasional World Water Forum ke-10 di Laguna Resort and Spa, Bali, Kamis (16/5) lalu.

Global Blended Finance Alliance (GBFA) akan mendukung pendanaan untuk aksi iklim, termasuk upaya mengatasi krisis air.

"Kami akan mengadakan launching Sekretariat GBFA dan penandatanganan LoI dengan beberapa negara sebagai founding member pada 20 Mei nanti, Setneg dan Kemlu harap fasilitasi para undangan high-level yang belum mendapatkan akses masuk," katanya.

Pembicara dari dalam dan luar negeri yang akan menghadiri forum sebanyak 1.357 orang. Selain itu ada 4.890 perwakilan dari
media dan sponsor yang akan hadir.

World Water Forum ke-10 juga menghadirkan pameran Country Pavilion dan Organization Pavilion di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang diikuti 21 negara.

Sumber: Antara