Warga Takalar Ramai Ziarah Kubur Jelang Ramadan

TPU di Kecamatan Manongkoki, Takalar ramai peziarah, Ahad (19/3/2023) - foto by Rini

CELEBESMEDIA.ID, Takalar - Tradisi ziarah kubur jelang Ramadan masih dilakukan sebagian umat muslim. Termasuk di Takalar, Sulawesi Selatan. 

Warga Takalar beramai-ramai berziarah ke makam kerabatnya yang telah meninggal dunia. Sebagian warga datang meletakkan pandan dan mendoakan mayyit kerabat mereka. Sebagian pula sekedar membersihkan makam keluarganya. 

Ratnawati salah seorang warga Kelurahan Pabentengang Takalar mengatakan sejak kemarin sudah banyak warga yang datang berziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Manongkoki. 

"Tradisi keluarga saya, kalau berziarah kubur bukan hanya satu atau dua makam saja yang diziarahi. Ada beberapa makam karena di sini memang pemakaman keluarga," jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Ahad (19/3/2023) sore.

Eni warga Manongkoki juga mengakui pemakaman telah ramai peziarah sejak Sabtu kemarin.

Ia menjelaskan berziarah ke makam kerabat jelang Ramadan sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat di sana.

"Sebenaenya tidak ada waktu khusua berziarah kubur. Meski pun itu bukan jelang Ramadan atau hari raya tetap bisa berziarah kubur. Namun di keluarga saya ziarah kubur jelang Ramadan sudah menjadi tradisi," katanya.

"Waktunya juga sengaja kami pilih sore hari agar terik saat berziarah," lanjutnya.

Tradisi ziarah kubur jelang Ramadan ini sudah turun temurun dilakukan sebagian muslim karenanya diprediksi jumlah peziarah di TPU Manongkoki akan terus bertambah hingga puncaknya H-1 Ramadan.