18 Desember, Ulama Suriah Kajian Maghrib di Al-Markaz Al-Islami

Syaikh Muhammad Rajab Dieb - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ulama besar Suriah, Syaikh Muhammad Rajab Dieb dijadwalkan hadir bertandang ke Makassar pada Senin, 18 Desember pekan depan.

Penghapal Al-Qur'an dan 40.000 hadits itu akan memgisi kajian magrib di Masjid Al-Markaz Al-Islami

Syaikh Muhammad Rajab Dieb merupakan ahli tafsir dan hadits. Ia juga adalah guru besar Thariqah Naqsyabandiyah.

Pria yang bergelar Doktor ini juga merupakan anggota Forum Sufi Dunia dan pengajar di Majelis Fatwa Kementerian Wakaf Syria.

Ia juga menjadi pengajar bahasa Arab dan Tasawuf di Fakultas Dakwah Islam dan Fakultas Ushuluddin di Universitas Ahmad Kuftaro, Damaskus.

Ia menyelesaikan gelar doktornya di Universitas Libanon pada tahun 2009 bidang sastra Arab.

Beberapa karyanya telah mendunia diantaranya Kaifa Nasna‘u Ummata al-Islami, Syarhu Sahihi al-Bukhariyyi, Tahqiqu Syarhi Garibi al-Maqamati al-Haririyyati li al-‘Akbariyyi dan Mukhtasaru al-Baiquniyyati fi Mustalahi al-Hadisi

Syaikh Muhammad Rajab Dieb tumbuh di lingkungan keluarga yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Ayahnya, Syaikh Rajab Dieb adalah murid paling berprestasi dari Mufti Suriah, Syaikh Ahmad Kuftaro. Sedangkan ibunya, adalah cucu dari hakim di kawasan Rasaya dan Hasbaya, Lebanon, Syaikh Muhammad Isa Dallah.

Kunjungannya kali ini, bukanlah kali pertama di Indonesia. Sebelumnya pada 2022 lalu ia bertandang ke Pondok Pesantren Terpadu Internasional Alfusha, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dan pada 5 September 2023 sufi Suriah ini berkunjung ke kediaman Dr Syafruddin Kambo di Jenggala, Jakarta Selatan.