Danny Pomanto Ingin Makassar Jadi Kota Virtual Tahan Bencana

Rakorsus 2023 Pemkot Makassar, Selasa (14/3/2023) - foto by Wahyu Saputra

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah Kota Makassar menggelar rapat koordinasi khusus (Rakorsus) di Hotel Four Point, Jalan Andi Djemma, Selasa (14/3/2023).

Rakorsus tersebut mengangkat tema 'Resiliensi dengan Metaverse'. Kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan seluruh Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Makassar dan beberapa undangan dari sejumlah instansi terkait.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, resiliensi yang dimaksud adalah bagaimana membangun Kota Makassar menjadi wilayah yang berdaya tahan terhadap bencana.

Hampir setiap tahun bencana alam seperti banjir, air laut naik ke daratan, angin puting beliung, pohon tumbang dan kekeringan terjadi di Kota Makassar seiring dengan cuaca ekstrim yang datang.

"Dunia hari ini tidak baik-baik saja. Suhu bumi yang meningkat sudah menjadi kenyataan, es mencair di kutub, air laut naik atau rob terjadi dimana-mana" kata Danny saat memaparkan alasan memilih tema 'Resiliensi dengan Metaverse'.

Sementara menurut Danny, metaverse adalah hal penting lain yang harus dipersiapkan sebagai bagian dari langkah awal untuk menyambut masa depan dengan perkembangan teknologi.

Metaverse dinilai bisa lebih memudahkan pemerintah maupun masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan tanpa adanya batasan lewat dunia virtual.

"Kita harus mempersiapkan diri untuk memasuki era virtual namanya Makassar Metaverse. Hari ini kita mendatangkan ahli-ahli yang akan menjelaskan semua hal yang terkait tadi," terang Danny.

Rakorsus Pemkot Makassar ini juga menghadirkan beberapa pakar di masing-masing bidang seperti perencanaan tata kota dan penanggulangan bencana alam. Mereka memberikan materi berkaitan persiapan Makassar menjadi Kota Resiliensi dengan Metaverse.

Danny Pomanto berharap rakorsus ini bisa menjadi ajang untuk memperbaiki seluruh persoalan yang ada di Kota Makassar. Seluruh pihak terkait di lingkup Pemkot Makassar mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga instansi kedinasan diharapkan bekerjasama untuk mewujudkan Makassar sebagai kota sombere dan smart city. 

Laporan : Wahyu Saputra