Basli Ali: Proyek Infrastruktur di Pulau Bonerate Segera Difungsikan

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Selama pemerintahan Bupati Selayar Basli Ali, konsisten pemeratan pembangunan antara daratan dan kepulauan, dalam delapan tahun usia pemerintahannya. Fokus pembangunan diarahkan pada bidang infrastruktur di wilayah kepulauan.

Basli Ali mengungkapkan sejumlah proyek infrastruktur dasar yang sedang berjalan diwilayah Kepulauan beberapa sudah selesai, ada yang sementara berjalan dan segera rampung.

"Jalan Hotmix, Listrik dan Jaringan Seluler, masyarakat kepulauan sudah menikmatinya, yang sebelumnya hanya dinikmati mayarakat daratan selayar. Meski sepenuhnya belum maksimal, itu yang harus dilanjutkan ke depannya," ungkap Basli Ali saat meninjau sejumlah pembangunan infrastruktur di Pulau Bonerate, Pasimarannu, Minggu (8/9).

Kunjungan tersebut bertujuan memastikan bahwa berbagai program pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik, baik yang sumber pendanaannya melalui APBD Kabupaten, Provinsi maupun APBN.

Khusus di Wilayah Pasimarannu, ada tiga proyek infrastruktur yang sedang berjalan, yakni Pembangunan Pelabuhan Pasimarannu, Rumah Sakit dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sementara untuk pembangunan Jalan Hotmix melalui APBD Kabupaten sudah rampung tahun sebelumnnya.

Basli Ali menekankan dan mendesak agar sejumlah pembangunan infrastruktur ini harus dikerjakan lebih serius, dan dipercepat, mengingat proyek ini sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk pembangunan Pelabuhan Pasimarannu dan infrastruktur pendukungnya segera rampung, sekarang progresnya sudah tahap finishing.

Terpantau dalam kunjungannya, Bupati secara spesifik mengecek bangunan mulai dari infrastruktur atau jembatan penghubung termasuk fasilitas dan ruang tunggu penumpang, ruang menyusui, tempat ibadah hingga ruang operasional lainnya yang terdapat di Pelabuhan Pasimarannu telah berdiri dengan megah.

"Insya Allah, tadi saya tanya kontraktornya, katanya Oktober hingga Desember 2024 sudah selasai seratus persen," ungkapnya.

Begitupun dengan Rumah Sakit Bonerate, secara fisik pembangunanya sudah selesai, sisa menunggu penyerahannya ke pemerintah Kabupaten. Ia berharap dapat beroperasi secepatnya, sehingga dapat membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pembangunan Rumah Sakit Bonerate ni menjadi komitmen Basli Ali dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berkualitas. Sehingga Masyarakat Pulau Bonerate dan sekitarnya tidak harus keluar dari pulau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sementara Pembangunan PLTS aktivitas pekerjaan juga nampak menggeliat, namun Bupati menilai progresnya lambat, kepada pelaksana proyek ia minta rekanan kontrakror lebih mempercepat progres pekerjaan agar nilai manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan masyarakat.

Tiga Proyek infrastruktur di Pasimarannu ini merupakan salah satu keberhasilan Bupati Basli Ali yang sukses mengawal usulan serta meyakinkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Kementerian kesehatan, serta PLN sehingga pembangunan pelabuhan, rumah sakit dan PLTS ini disetujui di bangun di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam kunjungannya Bupati Basli Ali didampingi Inspektur Kabupaten, Irwan Baso, Camat dan para Kades setempat.