FK Unibos Target 51 Dosen Raih Jabatan Lektor

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Civitas akademika Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos) menggelar silaturahmi dengan Founder Bosowa Corp, Aksa Mahmud dan Ketua Yayasan Unibos, Melinda Aksa di Pantai Indah Bosowa, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Kamis malam (4/8/2022).

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unibos dr Marhaen Hardjo mengatakan pertemuan ini merupakan silaturahmi serta sebuah ajang civitas akademika FK Unibos agar lebih dekat saling mengenal antara sesama dosen dengan  dengan founder dan Ketua Yayasan Unibos.

Selain itu, silaturahmi ini untuk memberkikan semangat kepada civitas akademika khususnya dosen FK Unibos agar bisa memperbaiki kualitas SDM. Sehingga  dr Marhaen Hardjo berharap semua dosen FK Unibos yang jumlahnya 51 bisa meraih pangkat fungsional lektor.

"Kita sekarang ada 51 dosen, yang mendapatkan gelar jabatan fungsional lektor baru ada 5 dosen. Kita berharap bahwa semua dosen bisa meraih (pangkat fungsional) lektor dalam waktu dekat sehingga kekuatan SDM bisa meningkatkan akreditasi FK Unibos sudah B meningkat jadi akreditasi unggul di masa yang akan datang," ujar dr Marhaen Hardjo.

Dia juga mengaku FK Unibos sudah menjalin banyak kerjasama dengan kampus luar negeri salah satunya dengan National University of Singapore. Termasuk menghadirkan Director of National University of Singapore Professor Lee Chuen Neng pada seminar internasional di Hotel Aryaduta, Makassar, Senin (25/7/2022) lalu.

"Prof Lee merupakan profesor yang sangat dihormati di Singapura dan ke depan kita akan membuat kerjasama dengan beliau, kita akan mengirimkan koas (dokter muda) selama satu semester di Singapura untuk mendapatkan ilmu di sana," bebernya.

Olehnya itu, ia sangat bahwa FK Unibos ini bisa menjadi sebuah work class faculty atau  menjadi work class University. "Dengan demikian bahwa alumni kedokteran nanti bisa bekerja di banyak tempat bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri saya kira itu yang kita harapkan," tuturnya.

Sementara, Rektor Unibos Prof Bayar Surya mengatakan silaturahmi mendorong semangat dosen untuk bisa berprestasi ke depan.

"Jadi silaturahmi ini kita gagas sebagai motor penggerak supaya teman-teman di fakultas kedokteran ini menjadi mentor menjadi motor penggerak untuk di level fakultasnya  termasuk di Universitas Bosowa," ucapnya.

Dia pun mengungkapkan agar semua dosen FK Unibos bisa meraih jabatan fungsional lektor semua dosen harus fokus kepada Tridarma Perguruan Tinggi.

"Tri dharma itu kan tiga secara spesifik pendidikan pengajaran kemudian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada akhirnya dosen yang hebat itu ketika dia mampu setiap semester menghasilkan suatu karya ilmiah yang berkualitas dan menjadi penyemangat juga untuk teman-teman untuk mendorong peningkatan  reputasi kampus," pungkasnya.

Sedangkan Founder Bosowa Aksa Mahmud terus menumbuhkan semangat para dosen dan memperkenalkan filosofi Bosowa kepada Civitas Akademika

"Bangunlah kedisiplinan, filosofi Bosowa bekerja keras, belajar terus menerus dan berdoa. Kalau kita sudah bekerja keras dan belajar, lalu serahkan kepada Tuhan," tutupi

Laporan: Darsil Yahya