Pengemis Mengais Rezeki Imlek di Depan Klenteng Xian Ma

Pengemis di depan Klenteng Xian Ma, Selasa (1/2/2022) - (Foto by: Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengemis-pengemis itu tampak berjejer di depan Klenteng Xian Ma. Ada sekitar belasan orang. Umumnya mereka yang duduk di depan pintu klenteng dengan pakaian yang sudah lusuh itu adalah anak-anak dan perempuan lanjut usia. 

Sejak pagi, tangan mereka yang memegang kardus kecil dan gayung di goyangka ke atas setiap kali ada jemaat yang telah selesai sembahyang keluar dari klenteng. 

Raut wajah mereka tampak sangat mengharapkan angpau atau amplop yang berisi recehan yang biasa diberikan warga Tionghoa di Hari Raya Imlek. 

Dg Tunru, salah seorang pengemis  mengatakan sejak pagi ia dan empat orang rekannya telah berada di klenteng Xian Ma.  

"Saya dari jam 6 di sini bahkan biasa saya menginap tapi karena corona jadi tidak menginap karena klenteng cepat tutup," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID di lokasi.

Warga jalan Dangko Kecamatan Tamalate, Makassar ini mengaku jauh sebelum rumah ibadah warga tionghoa ini berdiri megah, setiap perayaan imlek ia pasti datang ke tempat tersebut berharap mendapatkan rezeki angpau di hari Raya Imlek.

"Dulu saya sering dapat Rp100 - Rp 150 ribu tapi sekarang susahmi biar Rp50 ribu. Saya dari pagi sampai siang ini masih dapat Rp10 ribu," bebernya.

Pria berusia 83 tahun ini juga mengaku jika tidak mengemis, ia bisa memulung sebab jika begitu ia tentu tidak dapat bertahan hidup untuk makan dan minum sehari-hari.

 (Laporan : Darsil Yahya)