Temui Gubernur Sulsel, Basli Ali Bahas Kawasan Ekonomi Khusus

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (21/9/2020). 

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Selayar ini disambut oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di ruang kerjanya. 

Kepada Gubernur Sulsel, Basli Ali melaporkan terkait pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar. Basli mengemukakan bahwa KEK merupakan salah satu program strategis Kabupaten Kepulauan Selayar yang dituangkan dalam RPJMD. 

Upaya pengusulan KEK kata dia dilakukan sejak Tahun 2016. Namun baru pada Tahun 2018 terjalin kerja sama dengan investor, yang menurut pandangannya pihak investor akan bersungguh-sungguh ingin membantu dalam mewujudkan KEK di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada PT. Selayar Kepulauan Lestari selaku badan usaha pengusul KEK Kepulauan Selayar," kata Basli Ali.

Bupati Kepulauan Selayar juga menyampaikan berbagai manfaat yang diperoleh apabila KEK Pariwisata terbangun, terutama akan terjadi perubahan yang signifikan terhadap struktur perekonomian Kepulauan Selayar khususnya dan Sulawesi Selatan umumnya. 

"Akan terjadi penyerapan tenaga kerja yang sungguh luar biasa banyak yang akan mencapai 100 ribu orang. Dari pembangunan KEK ini juga diperoleh penerimaan pajak dan devisa negara yang jumlahnya tidak sedikit," ucapnya. 

Sementara dari segi usaha ekonomi mikro masyarakat, kata dia, akan berkembang dengan sendirinya. 

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada intinya siap mendukung penuh terkait usulan KEK Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar.