Varian Baru Corona, Arab Saudi Larang Penerbangan dari Indonesia

Mekah - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kerajaan Arab Saudi mengumumkan larangan penerbangan internasional dari Indonesia dan 19 negara lainnya, akibat adanya temuan varian baru virus corona yang lebih menular.

Selain Indonesia, Saudi juga melarang untuk sementara waktu penerbangan dari Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Italia, Pakistan, Brasil, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Prancis, Libanon, Mesir, India, dan Jepang.

Dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNN Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan penutupan penerbangan internasional dari 20 negara itu secara efektif berlaku mulai hari ini, Rabu (3/2/2021) Pukul 21.00 waktu setempat.

Sebelumnya, sejak pandemi corona ditemukan, bukan pertama kali bagi Saudi menutup sementara penerbangan dari luar negeri. Tahun lalu, Saudi memutuskan untuk menghentikan ibadah umrah dan haji karena pandemi corona.

Setelah sempat dibuka untuk jemaah dalam jumlah terbatas, Saudi kembali melarang penerbangan internasional pada pertengahan Desember lalu. Keputusan itu dibuat setelah muncul kasus infeksi virus corona jenis baru yang lebih cepat menular di Inggris dan sejumlah negara Eropa.

Arab Saudi menjadi negara dengan kasus tertinggi di Timur Tengah dengan laporan lebih dari 368 ribu kasus Covid-19 dengan kematian hampir 6.400 jiwa. Saudi telah mulai kampanye vaksinasi corona pada 17 Desember setelah menerima pengiriman vaksin dari Pfizer-BioNTech.