Andi Herfida Attas Minta Kaum Milenial Lestarikan Budaya Kota Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kota Makassar memperingati Hari Kebudayaan ke-5 di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (29/4/2023) malam. 

Kegiatan itu menampilkan berbagai atraksi budaya dari sanggar seni Kota Makassar dan disaksikan langsung oleh ratusan pengunjung. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas mengatakan, Hari Kebudayaan Kota Makassar tahun ini spesial karna perayaannya bisa disaksikan langsung gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia. 

"Seperti yang kita lihat ada atraksi 200 penari diatas perahu katinting. Yang istimewa karna disaksikan oleh seluruh gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia karna bertepatan dengan hari otonomi daerah yang dipusatkan di Kota Makassar," katanya. 

Hari Kebudayaan Kota Makassar tahun 2023 mengangkat tema "Budaya Makassar Baik untuk Semua". Herfida Attas menjelaskan, tema tersebut menunjukkan bahwa budaya Makassar bisa diterima oleh siapa saja dan menjadi kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun. 

Herfida berpesan agar semua pihak termasuk kaum milenial bisa berperan aktif dalam melestarikan budaya Kota Makassar. 

"Harapan kami bahwa budaya ini harus kita lestarikan. Caranya adalah sering mengadakan pentas seni, sehingga para kaum milenial kita mengetahui dan lebih mencintai seni budaya kota Makassar," terangnya. 

Dalam malam budaya tersebut turut menampilkan atraksi budaya seni pasang tumarunung dari lembaga seni adat parawabessi sebagai objek kebudayaan khususnya olahraga pencak silat atau ammanca’ menggabungkan musik tradisional dan kontemporer. 

Selain itu, Sanggar Gita Saraswati menampilkan tari kreasi Bali merupakan wujud ekspresi kebahagiaan dan maha karya adiguna, dalam tarian ini juga para penari mengenakan atribut adat Bali dan wayang 

Kemudian, adapun penyerahan 5 Sertifikat Penghargaan Maestro yang diserahkan langsung oleh Asisten II Rusmayani Majid didampingi Kadis Kebudayaan Herfida Attas, serta penyerahan 18 sertifikat pernghargaan Cagar Budaya.

Laporan: Wahyu Saputra