Awas Makassar Macet, Ada Unjuk Rasa Kawal Putusan MK di 4 Titik Siang Ini

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bagi pengendara di Makassar hendak menghindari beberapa jalan poros di Makassar siang ini, Kamis (22/8/2024).

Pasalnya akan digelar unjuk rasa kawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) serentak se-Indonesia. Di Makassar unjuk rasa kawal putusan MK akan digelar pada 4 titik.

Rencana aksi di Makassar pada hari ini, dijadwalkan pada Pukul 13.00 WITA, dan akan digelar pada sejumlah titik, yaitu :

- Jalan Sultan Alauddin

- Kantor DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani

- Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo

- Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo.

Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Baleg DPR RI) yang mengubah putusan MK terkait ambang batas pencalonan dalam Pilkada melatarbelakangi unjuk rasa tersebut.

Putusan Baleg DPR RI kemarin (21/8), sontak mengejutkan seluruh masyarakat Indonesia, hingga muncul beberapa kampanye di media sosial seperti tagar #KawalPutusanMK hingga gambar garuda berlatar biru dan bertuliskan 'Peringatan Darurat'. 

Sebelumnya Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan yang berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (20/8) lalu.

Ada dua putusan yang menjadi sorotan saat itu, yaitu mengenai batas minimal usia Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur minimal Usia 30 Tahun saat 'Penetapan' dan juga putusan yang kedua mengenai ambang batas pencalonan Kepala Daerah.

Laporan : Riski