Mahasiswa UNM dan Siswi SMA Jadi Duta Budaya Makassar 2023

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Aryo Noval Lapasau (18) dan Andi Firgha Asyifah (16) dinobatkan sebagai Duta Budaya Kota Makassar 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar.

Keduanya terpilih di malam grand final pemilihan Duta Budaya Kota Makassar 2023 yang berlangsung di Ball Room Lantai 18 Hotel Aston Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar Jumat (17/3/2023) malam.

Pemasangan selempang dan penyerahan tropi kepada Putra dan Putri Duta Budaya Kota Makassar 2023 dilakukan langsung oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Kebudayaan Kota Makassar, Muh Fadli.

Aryo Noval Lapasau mengaku sangat bahagia dan tak menyangka dirinya terpilih menjadi Putra Duta Budaya 2023 Kota Makassar.

"Senang , kaget, semua saya rasakan saat ini, betul-betul saya tidak menyangka ada di posisi ini, saya tidak menyangka bisa terpilih meraih Duta Budaya Kota Makassar.

Menurut saya ini gelar hebat dan saya harus betul-betul pertanggungjawabkan," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID.

Terpilih sebagai yang terbaik, mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen di kampus UNM ini pun langsung mengajak para pemuda di Kota Makassar untuk berperan aktif melestarikan dan mempromosikan kebudayaan.

"Mari sama-sama kita berkonstribusi dan melakukan kreatifitas untuk memajukan kebudayaan Kota Makassar karena saat ini kitalah ujung tombak yang ada di Kota Makassar," ucapnya.

Andi Firgha Asyifah juga tak bisa menyembunyikan rasa syukur dan bahagianya setelah dinobatkan sebagai pemenang Putri Duta Budaya Kota Makassar 2023.

"Sangat-sangat bangga bisa sampai ke titik ini, dimana tidak semua orang bisa mencapai hal ini, perasaan saya setelah terpilih, sangat luar biasa sekali karena di berikan kepercayaan langsung dari Dinas Kebudayaan, itu adalah suatu hal yang sangat saya banggakan dalam hidup saya," tuturnya.

Perempuan berparas cantik yang masih duduk di bangku kelas 11 SMA 5 Makassar ini juga mengajak para kaum milenial untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat Kota Daeng. 

"Semoga anak muda yang ada di Kota Makassar, bisa sama-sama berkonstribusi untuk saling menginspirasi dan saling melestarikan budaya yang ada di Kota Makassar," pungkasnya.

Sementara, salah satu Dewan Juri, Deny Aziz mengatakan kedua pemenang ini terpilih karena memang memiliki pengetahuan, penampilan serta memiliki aura wajah Bugis Makassar Asli.

Keduanya memiliki predikat perempuan dan laki-laki Bugis Makassar yang kelihatan perkasa dan cerdas gambaran itu yang disematkan kepada pemenang," tandasnya.

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, tropy dan akan di kontrak oleh Dinas Kebudayaan, kedua pemenang juga akan diberikan beasiswa untuk belajar publik speaking.

Sementara yang terpilih sebagai pemenang kedua (Runner Up 1) Putra dan Putir Duta Budaya Kota Makassar 2023, Reza dan Amaliah Ramadhani. Adapun juri dalam kegiatan ini yakni; Deny Aziz, Sitti Zufaidahnur, Prof Aminuddin Salle, Fildzah Hidayatil dan Usman Abdullah. 

Laporan : Darsil Yahya