Satu Korban Tanah Longsor di Jeneponto Ditemukan Tewas, 2 Masih Dicari

undefined

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Satu korban tanah longsor di Dusun Kompasa, Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, ditemukan dalam keadaan tewas. 

Korban diketahui bernama Takku (60). Takku ditemukan Jumat (14/10/2022) kemarin sekitar pukul 17.00 Wita oleh Tim SAR gabungan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jeneponto, Syam Jaya mengatakan ada 3 korban dalam insiden tanah longsor tersebut. 

Namun baru korban atas nama Takku yang berhasil ditemukan. Sementara dua korban lainnya bernama Sangkala dan seorang pegawai swasta yang  belum diketahui identitasnya masih dalam pencarian.

"Satu (korban) sudah ditemukan atas nama Takku sekitar jam 4 sore, namun dua orang ini masih dilakukan proses pencarian," kata, Syam Jaya, dalam keterangan tertulis yang diterima CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (15/10/2022). 

Takku tertimpa tanah longsor saat ia sedang membersihkan rumput di ruas jalan di depan rumahnya. Tiba-tiba tanah longsor dan menimbun dirinya beserta dua orang korban lainnya. 

Ia tertimbun longsor saat melintas di lokasi kejadian. Hanya motor jenis NMax milik korban yang ditemukan sekitar 200 meter dari titik longsor.

Syam Jaya menambahkan proses pencarian korban difokuskan pada bantaran Sungai Desa Loka yang mengalir di sekitar rumah penduduk. 

"Fokus pencarian hari ini pertama di lokasi tanah longsor sendiri di poros jalan itu yang sudah ditemukan satu. Kemudian yang kedua adalah sekitaran bantaran sungai ini dekat lokasi kejadian," tambahnya.

Dia menyebut tanah longsor dipicu curah yang tinggi menguyur Butta Turatea selama beberapa hari terakhir.

"Kejadian ini akibat dari curah hujan yang tinggi, mengakibatkan adanya tanah longsor," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya