Posisi Shin Tae-yong Aman Meski Gagal di Piala AFF U-19

Shin Tae-yong - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas U-19 Indonesia gagal mencapai target juara pada ajang Piala AFF U-19 2022, setelah tersingkir di fase grup.

Meski gagal membawa Garuda Nusantara juara, namun posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia tetap aman.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam.

"Shin masih terus (melatih-red) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," ujar Iriawan, dikutip dari ANTARA.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, meski tak lolos ke semifinal, timnas U-19 menunjukkan performa bagus di Piala AFF U-19 2022.

Dari lima laga, Indonesia tidak pernah kalah dan meraup tiga kemenangan. Tim Merah-Putih juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol.

Tim asuhan Shin juga dianggap cukup tangguh meski dilakukan rotasi untuk menjaga kondisi fisik pemain di tengah jadwal padat.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki 'chemistry' (ikatan emosional-red) dengan dia," tutur Iriawan.

Akan tetapi, torehan apik tak cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal karena kalah "head to head" dengan Vietnam dan Thailand, yang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand seharusnya tidak boleh mengingat mereka tim besar," kata Iriawan.