Gempa M4.4 Kembali Guncang Majene, Ini Penjelasan BMKG

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kabupaten Majene dan  sekitarnya kembali diguncang gempabumi Tektonik pada Minggu malam (31/1/2021) sekitar Pukul 20.13 Wita.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4.4, Episenter terletak pada koordinat 3.14 LS dan 119.09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45 Km Timur Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 14 km. 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Dampak Gempabumi:

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Majene III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah), serta Mamuju dan Mamasa II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang). 

Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Tags : Gempa Sulbar