Tak Mesti Selalu Taklukkan Api, Aksi Heroik Petugas Damkar Lepaskan Cincin Anak

Petugas Damkar Makassar membantu warga melepaskan cincin yang terjepit di jari anak - (ist)


CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Aksi heroik petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) ternyata bukan hanya ada dalam adegan film yang ditampilkan pada layar kaca. Faktanya sudah banyak aksi heroik mereka yang belakangan ini viral di media sosial. 

Tak kalah keren dengan petugas Damkar Jakarta Timur yang belum lama ini berjibaku mengevakuasi kartu ATM warga dari gorong-gorong, Aksi heroik juga ditunjukkan petugas damkar Makassar Senin (25/10/2021). 

Mereka berhasil melepaskan cincin seorang anak usia 4 tahun yang sudah mengalami pembengkakan di jemarinya.

Tindakan heroik petugas damkar ini berawal dari laporan salah satu warga Makassar bernama Nana yang tinggal di  Perumnas Antang Blok X Jalan Biola. 

“Awalnya saya kira Damkar itu hanya bisa bantu redakan api kebakaran,tapi katanya ada tim rescuenya juga. Coba saya hubungi dan ternyata respon cepat. Alhamdulillah cincin anakku di jemarinya yang sudah mulai bengkak akhirnya bisa keluar”, ujar Nana.

Kepada CELEBESMEDIA.ID, Nana menceritakan jika proses melepaskan cincin anaknya berlangsung cukup lama sekitar 15-20 menit. Petugas damkar menggunakan alat semacam gurinda. Untuk memudahkan proses melepaskan cincin, petugas juga menggunakan air es untuk mengerutkan jari anak sehingga alat bisa lbh mudah masuk ke jari anaknya tanpa merasakan sakit. Terlebih jari anaknya sudah bernanah sebab ada bagian yang terjepit ke cincin sehingga petugas sangat berhati-hati.

"Prosesnya agak lama karena kebetulan di rumah tidak tersedia air es. Pas terbuka ternyata jarinya sudah bernanah karena cicin yang terjepit itu sudah lama hanya anak saya takut mengatakannya langsung. Alhamdulillah cincinnya berhasil terlepas pada malam itu juga," lanjut Nana ke CELEBESMEDIA.ID Selasa (26/10/2021). 

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar Hasanuddin saat dikonfirmasi membenarkan jika masyarakat dapat memanfaatkan hotline damkar untuk membantu penyelamatan lainnya selain kebakaran.

“Jadi di damkar itu bukan soal kebakaran saja, tapi kami (petugas damkar) ada tim rescue yang tugasnya salah satunya membantu melepaskan cincin yang susah keluar, membantu warga mengusir tawon,serta banyak lagi aksi kemanusiaan lainnya. Silahkan hubungi kontak layanan kami dan tim akan segera menindaki”,tuturnya.