DPMD Enrekang Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkades Serentak

CELEBESMEDIA.ID, Enrekang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Enrekang menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Selasa (22/6/2021).

Sosialisasi tahapan Pilkades serentak itu diikuti 29 Ketua Badan Pemusyarawatan Desa (BPD). Sosialisasi ini dibuka oleh Asisten 1 Hamsir didampingi Dandim, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kasi Intelkam Polres Enrekang, Kasi Intel Kejari Enrekang beserta seluruh Camat.

Dalam laporannya, Kepala DPMD Enrekang, Zubaedah Bando mengingatkan kepada BPD terkait sengketa pemilihan kepala desa yang pernah terjadi di Desa Matajang.

“Untuk Ketua BPD agar memperhatikan tidak ada desa yang hanya memiliki 1 TPS, selain dari sisi aturan jumlah TPS akan menentukan Kepala Desa terpilih jika terjadi seri,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim Enrekang Letkol Inf. Utyu Komar dalam arahannya berharap kepada BPD untuk dapat memberikan sosialisasi kepada seluruh calon Kepala Desanya agar tetap menjaga kondusifitas lingkungan.

“Saya berharap jika terjadi konflik terkait pemilihan Kepala Desa agar diselesaikan sesuai aturan dan BPD berperan penting dalam proses penyelesaiannya agar tidak terjadi hal-hal yang tak dinginkan,” tegasnya.

Asisten I, Hamsir S.Pd, M.Pd, saat membuka sosialisasi, menyampaikan agar seluruh Ketua BPD yang hadir untuk serius dan menyimak arahan serta himbauan yang disampaikan.

“Kepada BPD untuk serius dan memperhatikan kegiatan ini agar harapan atau muara dari kegiatan ini dapat tercapai yaitu terselenggaranya pemilihan Kepala Desa yang aman serta melahirkan Kepala Desa yang dapat mensejahterakan masyarakatnya,” ucapnya.

Kegiatan Sosialisasi dirangkaikan dengan penandatanganan MoU penyerahan dokumen DPT dari KPU kepada DPMD Enrekang yang nantinya akan digunakan oleh BPD menjadi data awal DPS (Data Pemilih Sementara) kemudian diverifikasi sehingga menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap) di desa.