Bosowa Gelar Upacara HUT ke-77 RI, Ini Amanat Prof Batara Surya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sivitas Akademika Universitas Bosowa (Unibos) beserta jajaran Bosowa Group menggelar upacara HUT RI ke-77 di Halaman Kampus Unibos, Rabu (17/8/2022). 

Peringatan kemerdekaan ini yang berlangsung di pagi hari yang cerah dan khidmat ini. Rektor Unibos, Prof Batara Surya didapuk sebagai inspektur upacara serta komandan upacaranya adalah Wildan yang merupakan staf Politeknik Bosowa. 

Dalam amanatnya, Prof Batara Surya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga semua dapat berkumpul untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-77. 

"Kita patut bersyukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT, kepada Unibos dan unit bisnis Bosowa, atas kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh saat ini," ucapnya. 

Tak lupa, ia juga mengajak Sivitas Akademika Unibos beserta jajaran Bosowa Group untuk bersyukur atas nikmat merdeka yang telah Allah berikan berkat perjuangan para pahlawan melawan para penjajah di negeri Indonesia. 

"Tentunya, sebagai warga negara Indonesia ikut merasakan kedamaian dan kenikmatan sebagai bangsa yang merdeka, sehingga sudah sepatutnya kita melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan menghargai jasa-jasanya dengan memajukan dan menjaga tanah air Indonesia," katanya. 

"Seluruh warga negara Indonesia dari berbagai generasi berkewajiban untuk menjaga dan mengembangkan Indonesia dan menjamin kelangsungan dunia pendidikan. Terutama, sebagai generasi muda penerus bangsa, kita memiliki andil besar untuk meneruskan cita-cita bangsa ini," sambungnya. 

Selain itu, Prof Batara Surya juga mengungkapkan Unibos memiliki cita-cita tinggi dan memiliki mimpi-mimpi besar untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul. 

"Oleh karena itu, sivitas akademika Unibos sebagai bagian dari masyarakat, harus terus mempererat persatuan, mempererat persaudaraan dan meningkatkan kompetensi kitakita," ujarnya. 

Rasa kebersamaan, rasa persaudaraan sebagai sesama sivitas akademika Unibos akan membawa kampus kita untuk terus maju dan mampu menatap tantangan masa depan dengan penuh optimisme. 

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak kepada sivitas akademik Unibos untuk melakukan introspeksi diri, bersama-sama menundukkan hati dan berdoa agar seberat apapun tantangan yang dihadapi. 

"Insya-Allah akan mampu kita atasi, sehingga citacita Unibos untuk menjadi Perguruan Tinggi yang maju dan unggul akan memberikan sumbangan yang berarti bagi kemajuan bangsa dan masyarakat," bebernya. 

Lebih lanjut, ia menuturkan Unibos merupakan salah satu institusi pendidikan yang telah berkontribusi secara nyata dalam upayanya mencerdaskan anak bangsa. 

Namun globalisasi diidentikkan dengan perubahan yang sangat cepat seiring dengan kemajuan teknologi. Kemajuan dan perubahan tersebut secara langsung mengubah kita termasuk dunia Pendidikan. 

"Untuk itu Unibos  berkomitmen menjadi salah satu kampus yang senantiasa mengembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme baik rektorat, struktural, dosen, mahasiswa dan para tenaga pendidik," terangnya. 

Dalam kesempatan Khidmat ini, ia dan sivitas akademik Unibos mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memahami kembali secara utuh Pancasila dan Kebhinekaan bangsa Indonesia.

"Di usia yang ke-77 tahun, bangsa Indonesia tetap perlu mawas diri. Dalam bernegara, pasti akan ada selalu tantangan yang menghadang. Mulai dari korupsi, daya saing, dan masalah sosial lainnya serta yang cukup menjadi jadi sorotan belakangan ini adalah revolusi industri 4.0," tandasnya. 

Kata Prof Batara Surya Unibos sebagai institusi yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), akan terus membangun sinergitas dalam menjawab persoalan bangsa dan masyarakat. 

"Sinergi tersebut perlu kita wujudkan melalui penguasaan iptek dan inovasi riset yang pastinya akan membantu kemajuan bangsa.Kepada seluruh elemen bangsa Indonesia dan segenap civitas akademika Unibos saya mengharapkan untuk terus bekerja secara optimal demi kemajuan bersama," ungkapnya. 

"Sekalipun telah berhasil meraih capain-capaian yang membanggakan, namun kita jangan sampai terlena dan harus selalu berprogres," pungkasnya. 

Laporan : Darsil Yahya