H-1 Idul Adha 1445 H, Pasar Dadakan di Makassar Ramai Pembeli

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sehari jelang Idul Adha 1445 H, pasar dadakan yang ada di Makassar ramai pembeli.

Salah satunya yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo tepat di taman segetiga. 

Umumnya penjual yang berada di pasar ini adalah keperluan untuk Idul Adha, misalnya kulit ketupat dan ayam kamung.

Para pedagang ini menjajakan dagangannya di tepi jalan. Meski memudahkan pembeli namun membuat arus lalu lintas di sekitar pasa dasakan menjadi macet.

Salah seorang pembeli Nuraini mengatakan lebih senang berbelanja di pasar dadakan karena tidak perlu berdesak-desakan di dalam pasar.

"Biasa beli kulit ketupat di pasar pinggir jalan karena lebih cepat. Memang tidak behitu lengkal tapi kalau keperluan untum Idul Adha hampir ada semua," jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Minggu (16/5).

Sementara salah seorang pedagang Daeng Bati menjelaskan biasanya menjual kulit ketupat khusua saat Idul Adha dan Idul Fitri secara keliling dan kadang menepi di pasar dadakan.

"Sehari-hari saya menjual ikan, tapi kalau mendekati lebaran Idul Adha atau Idul Fitri saya keliling menjual kulit ketupat. Biasa juga di pasar pinggir-pinggir jalan itu karena tidak ada lapak di dalam pasar," jelasnya.

Pasar dadakan ini tidak hanya ada di Jalan  Urip Sumoharjo saja. Hampir ruas jalan protokol yang berdekatan dengan pasar tradisional misalnya Jalan Alauddin dekat Pasar Pa'baeng-baeng. Karenanya bagi pengendara sebaiknya menghindari jalan tersebut karena macet akibat pembeli yang tiba-tiba berhenti hingga masuk ke badan jalan.