Ini 7 Peristiwa Listrik Padam Total Terparah Sepanjang Sejarah

Pemandangan Kota Makassar, Kamis (15/11/2018) malam, saat terjadi listrik padam di seluruh wilayah di Sulsel - (akbar)

CELEBESMEDIA.ID - Sejak sore hingga malam ini, Kamis (15/11/2018), listrik padam di Makassar dan seluruh kabupaten di Sulawesi Selatan.

Kepada CELEBESMEDIA.ID  yang menghubunginya via telepon, Humas PLN Wilayah Sulselrabar, Eko Wahyu Prasongko, menyatakan padamnya listrik di 24 kabupaten kota di Sulsel tersebut disebabkan karena adanaya gangguan dari system transmisi 150 KV. “Jadi ini bukan pemadaman melainkan ada gangguan di system kelistrikan di daerah Sulawesi Barat,” terangnya, Kamis (15/11/2018) malam.

Dirilis CELEBESMEDIA.ID dari yahoo.com, listrik padam atau mati lampu total di sebuah daerah yang biasa dikenal dengan sebutan blackout, telah berulangkali terjadi di Makassar dan sejumlah kota lainnya di Indonesia. Namun tahukah Anda, ada 7 peristiwa listrik padam total yang terparah sepanjang sejarah dunia.

Berdasarkan catatan yahoo.com, berikut tujuh blackout terparah sepanjang sejarah :

1.       Northeast blackout of 1965

Beberapa negara bagian di timur laut Amerika Serikat hingga Kanada tampaknya sedang tertimpa sial pada 9 November 1965. Pada pukul 5:27 pm, lebih dari 128 km kawasan tersebut mengalami salah satu blackout terparah sepanjang sejarah. Efeknya berdampak bagi 30 juta jiwa, sekitar 800.000 pengguna transportasi terjebak di kereta api bawah tanah New York karena blackout terjadi di jam sore yang sibuk.

Banyak hal menjadi kacau, termasuk bagi pilot pesawat yang kebingungan untuk melakukan landing. Blackout terjadi selama 13 jam, dan beberapa mitos mulai tersebar saat itu. Ada yang mengatakan bahwa blackout disebabkan oleh UFO, namun rumor ini segera dipatahkan. Tidak ada sabotase yang terjadi saat itu, walau efek blackout ini sempat ditakutkan karena efek ketegangan tinggi akibat perang dingin.

2.       1999 Southern Brazil blackout

Kota-kota besar di Brazil termasuk Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendadak lumpuh pada blackout yang berefek pada sekitar 97 juta jiwa ini. Tidak ada yang bisa disalahkan karena alam menjadi penyebab blackout yang menyebabkan banyak orang terjebak di lift ini. Sebuah petir berkekuatan besar menyambar pangkalan pembangkit listrik utama di Brazil, dan otomatis mematikan seluruh sistem yang ada.

Para anggota kepolisian Rio de Janeiro mengamamankan jalanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti perampokan saat pemulihan listrik sedang dilakukan. Kota-kota lain termasuk Minas Gerais, Goias, Mato Grosso, Mato Grosso do Sul dan Rio Grande do Sul juga ikut menjadi kota hantu dalam blackout yang terjadi selama beberapa jam itu.

3.       Northeast blackout of 2003

Times Square terkenal penuh dengan cahaya dan lampu yang membuat kota New York terlihat semakin megah, tapi tidak di 14 Agustus 2003. Sekitar pukul 4:10 pm, 55 juta orang merasakan efek blackout di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Bahkan selama hampir dua hari, banyak orang harus tidur di luar ruangan dengan terpaksa karena merasa panas.

Normalnya kelumpuhan di control room FirstEnergy Corporation akan memicu alarm, namun sistem alarm juga tidak bekerja saat itu. Kerugian dilaporkan mencapai $6 miliar dalam blackout yang dikabarkan terjadi akibat kesalahan teknis dari pihak petugas dan alat-alat yang ada di FirstEnergy.

4.       2003 Italy blackout

Hanya beberapa bulan setelah kehebohan di New York, Italia menjadi korban selanjutnya. Banyak kasus kematian yang menyebar saat blackout terjadi di Italia. Mulai dari kabar tentang seorang pria yang tertabrak di jalanan karena matinya traffic light secara mendadak hingga dua orang wanita berusia senja yang terjatuh dari tangga.

Sekitar 30.000 orang terjebak dalam 110 subway yang saat itu sedang beroperasi, dan blackout terparah dalam 70 tahun terakhir di Italia tersebut merugikan lebih dari 55 juta jiwa. Sebuah pohon tumbang dikabarkan menjadi akibat utama dalam kejadian ini, karena transmisi Swiss yang mengalir di Italia dikabarkan rusak karenanya. Hal ini disebabkan oleh buruknya cuaca saat itu, sehingga angin kencang yang berhembus akhirnya berujung pada salah satu blackout terbesar sepanjang sejarah.

5.       2005 Java-Bali blackout

Banyak dari Anda yang akan mengingat kejadian ini. Transmission line antara Cilegon dan Saguling menyebabkan matinya dua unit pembangkit listrik yang terletak di Paiton dan enam unit yang ada di Banten. Mulai dari Jakarta hingga Bali terjadi kelumpuhan yang tidak bisa dihindari, PLN sempat panik akibat matinya total kapasitas 4.000 megawatt ini.

100 juta orang merasakan akibatnya, termasuk kemacetan yang semakin memburuk di Jakarta. Pulau Jawa yang padat dengan transportasi menjadi kota mati, belum lagi kebakaran yang dipicu penggunaan lilin sebagai pengganti bohlam saat blackout terjadi.

6.       2009 Brazil and Paraguay blackout

Akibat hujan deras dan angin kencang mengakibatkan Brazil dan Paraguay kehilangan kekuatan sejumlah 14 gigawatt yang disalurkan oleh tiga transmisi utama di kedua negara tersebut. 18 dari total 26 negara bagian menjadi kacau dengan total 60 juta orang yang menderita akibat dari blackout ini. Repotnya, Brazil saat itu mulai disibukkan dengan persiapan World Cup 2014 dan Olimpiade 2016. Sempat dikhawatirkan Brazil akan dipenuhi keributan saat itu, namun untungnya hal tersebut tidak terjadi.

7.       2012 India Blackout

Akhir Juli 2012, blackout terbesar sepanjang sejarah terjadi di India dan mengakibatkan 320 juta orang menderita. 300 juta jiwa lainnya akan menerima akibat yang sama, jika saja mereka memiliki akses listrik. Jumlah ini terhitung sangat besar, bahkan dihitung sekitar 10% dari seluruh populasi manusia di muka bumi. India terlihat seperti lokasi film ber-genre apocalyptic; bayangkan, lebih dari setengah milyar manusia hidup tanpa listrik.

Ibukota New Delhi bahkan harus berjuang dengan temperatur yang mencapai 46C. Namun hal ini memang telah diprediksi sejak lama, karena perkembangan populasi India dan gaya hidup lama mereka yang tidak teratur. 

 

Tags :