Donald Trump Didakwa Kasus Suap Artis Film Dewasa

Mantan Presiden AS, Donald Trump - foto by BBC News

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Donald Trump tersandung kasus suap yang melibatkan bintang film dewasa Stormy Daniels

Trump adalah mantan presiden pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS) yang menghadapi tuntutan pidana. Dewan juri New York resmi memutuskan mendakwa Donald Trump kasus suap itu. 

Mengutip Kompas.com, Jumat (31/3/2023), kasus akan didakwa dengan tuduhan suap kepada bintang porno Stormy Daniels sebelum pemilihan presiden (pilpres) AS 2016.

Kasusnya mulai terungkap saat penyelidik melakukan investigasi terhadap Trump mengenai uang suap sebesar 130.000 dollar AS (Rp 1,9 miliar) yang diberikan Trump untuk Stormy Daniels agar tutup mulut atas dugaan perselingkuhan.

Mantan pengacara Trump, Michael Cohen, sebelumnya menyatakan bahwa pembayaran tersebut ia buat atas arahan Trump untuk menutupi perselingkuhannya dengan artis yang memiliki nama asli Stephanie Clifford itu.

Namun Trump membantah dan mengatakan Cohen bertindak sendiri. 

Sementara pengacara Trump saat ini, Susan Necheles mengatakan bahwa mantan presiden itu tidak melakukan kejahatan apapun dan mereka akan dengan gigih melawan tuntutan bermotif politik ini di pengadilan.

Diberitakan CBS News bahwa tim hukum Trump membenarkan dakwaan kasus suap itu namun masih menunggu untuk mempelajari rincian dakwaan tersebut.

Selain uang suap, Trump juga sedang diselidiki dalam beberapa kasus lainnya.

Diantaranya terkait kerusuhan di Capitol Hill yang dilakukan pendukungnya pada Januari 2021.

Trump juga diselidiki terkait upaya membalikkan kekalahannya dalam pemilu 2020 di Negara Bagian Georgia.