Tips Penuhi Nutrisi Tubuh Saat Berpuasa Ramadan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa sangat disarankan untuk memilih makanan dan minuman yang tepat untuk memenuhi nutrisi selama berpuasa.

Mengonsumsi makanan sehat bukan berarti hanya bisa memakan satunjenis makanan saja ataunhanya memakan buah dan sayur saja. Makanan yang bervariasi yang memenuhi karbohidrat, protein, mineral dan kaya vitamin justru lebih dianjurkan untuk dikonsumsi saat berpuasa.

Dr. Alia Hafiz yabg merupakan nutrisionis menjelaskan menu seimbang merupakan pilihan tepat saat sahur dan berbuka puasa.

"Atur menu seimbang di dalam piring Anda utamanya saat sahur," kata Dr Alia mengutip laman Parenting, Rabu (29/3).

Berikut ini nutrisi yang disarankan Dr Alia Hafiz dan jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

1.Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks membantu menjaga gula darah tetap stabil dan memberi perasaan kenyang. Anda bisa memakan nasi, mie, oat (gandum), roti, dan lainnya.

2. Protein

Sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari. Energi bisa didapatkan dari mengkonsumsi protein yang cukup. 

Protein bisa berupa daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan lainnya.

3. Makanan berserat tinggi

Penting untuk mengkonsumsi serat untuk mencegah sembelit. Anda bisa memilih sayuran hijau, buah, atau kurma untuk memenuhi kebutuhan serat.

4. Vitamin

Anda dapat memperoleh bermacam vitamin dari buah dan sayur. Dr Alia menganjurkan untuk mengkonsumsi 7 porsi buah dan sayur yang tak mesti langsung dilahap sekaligus, melainkan bisa dicicil

Satu porsi buah dan sayuran terhitung sebagai berikut:

• ½ cangkir (125 ml) sayuran/buah-buahan atau 100% jus buah asli atau jus sayuran

• 1 cangkir (250 ml) sayuran mentah atau salad campuran

• 1 buah (ukuran rata-rata)

5. Cairan  

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan rubuh agar tidak dehidrasi setelah seharian berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air sehari. Anda bisa membaginya di saat berbuka, malam hari, dan saat sahur.