5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Setelah Olahraga

Ilustrasi ubi jalar dan telur rebus - (foto by cookpad)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mengonsumsi makanan setelah berolahraga tidak hanya membantu memulihkan tenaga tetapi juga membantu membentuk massa otot sehingga olahraga pun tidak sia-sia.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga sebaiknya mengandung protein untuk memperbaiki otot yang rusak, karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang, serta nutrisi penting lainnya.

Melansir Cleveland Clinic, Anda bisa makan camilan ringan yang mengandung ketiga zat gizi makro tersebut mulai 15 menit hingga satu jam setelah latihan.

Berikut ini 5 jenis makanan yang sehat dikonsumsi setelah olahraga.

1. Ubi jalar

Ubi jalar sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga sebab mampu mengatasi keram otot setelah berolahraga akibat dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit tubuh.

Memakan ubi jalar setelah olahraga bisa mencegah ketidakseimbangan elektrolit yang menyebabkan kram. 

2. Telur rebus

Jangam sepelekan manfaat dari telur rebus. Menurut studi dalam The American Journal Of Clinical Nutrition, makan telur utuh akan merangsang pertumbuhan dan perbaikan otot yang lebih baik daripada makan putih telur saja.

Protein dalam telur terdapat pada putih dan kuningnya, maka lebih baik Anda mengonsumsi kedua bagian telur ini.

3. Greek yogurt

Greek yogurt berbeda dari yogurt pada umumnya karena lebih rendah kandungan gula. Jenis yoghurt ini juga memiliki protein dua kali lebih banyak daripada yoghurt biasa. 

Greek yogurt juga tetap enak saat Anda mencampurkannya dengan buah atau kacang-kacangan.

4. Buah-buahan

Jika tidak ada yoghurt di rumah, Anda cukup makan buah-buahan, seperti nanas, beri, dan kiwi. Selain kaya vitamin, buah juga mudah untuk tubuh cerna.

Sebuah studi terbaru dalam jurnal Nutrients menunjukan bahwa karbohidrat dalam buah pisang bisa membantu tubuh menyerap dan menggunakan protein dengan lebih baik.

5. Roti gandum utuh

Roti yang Anda pilih setelah berolahraga sebaiknya roti gandum utuh yang memiliki karbohidrat kompleks dan kaya akan kandungan nutrisi.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk tubuh cerna sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga tidak membuat gula darah melonjak tiba-tiba.