Pasar Sawah, Pasar Yang Dahulunya Lahan Sawah

Pasar Sawah, Jl.Latimojong, Makassar.

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pasar Sawah, yang terletak di Jalan Gunung Latimojong Kelurahan Lajangiru, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar merupakan salah satu pasar tradisional yang sudah lama dan terkenal di kalangan warga Makassar.

Bila merujuk pada cerita Reza, salah seorang pedagang buah pertama di pasar Sawah, maka hadirnya pasar ini pertama kali pada tahun 1950-an atau setidaknya akhir tahun 1958-an.

“Pasar ini bernama pasar Sawah karena dahulunya tempat ini adalah sawah,” ujarnya ditemui CELEBESMEDIA.ID, Rabu (28/11/2018).

Ditemui di tempat yang sama, salah satu pedagang ayam potong di pasar Sawah, Agus menjelaskan lebih detail mengenai sejarah dari pasar ini. Ia mengatakan jika pasar ini berasal dari pedagang-pedagang yang berimigrasi di pasar Jalan Gunung Lokon Makassar.

“Dahulunya tempat ini adalah sawah, para pedagang yang dari Jalan Gunung Lokon dipindahkan ke sini. Makanya bernama pasar Sawah karena tempatnya dulu adalah sebuah sawah,” tutur Agus.

Kemunculannya pertama kali pasar ini bukan inisiatif pemerintah melainkan oleh para pedagang sendiri yang kemudian meramaikan area kecil di ujung selatan jalan Gunung Latimojong tersebut.

Pasar ini identik dengan pasar yang semua kalangan dapat mendatanginya, baik non muslim ataupun muslim.

“Karena pasar ini juga menjual babi jadi ada ciri khas tersendiri. Kebanyakan orang chinese (china) yang datang ke sini tapi tak menutup kemungkinan juga muslim datang membeli,” tambah Agus.

Tags :