Wow, Harga Tanah di Makassar Termahal Kedua di Indonesia

Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa, Arifudin Mane.

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pertumbuhan perekonomian dan pembangunan membuat harga tanah di suatu kota mengalami kenaikan yang signifikan, seperti di Kota Makassar yang merupakan kota dengan harga properti kedua termahal setelah ibukota Jakarta.

Hal ini lantas dibenarkan oleh pengamat ekonomi dari Universitas Bosowa Makassar, Arifuddin Mane, Menurutnya harga perumahan di Kota Makassar terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan tiap tahunnya.

Ia menyebut setidaknya  ada beberapa faktor pemicu melejitnya harga jual tanah di Kota Makassar, yakni adanya penguasaan tanah oleh beberapa pihak seperti pihak pengusaha baik lokal maupun nasional yang ingin berinvestasi di Kota Makassar.

“Para pengusaha tersebut akan memanfaatkan lahan kemudian dijual kembali, sehingga mereka dapat meraup keuntungan dua kali lipat berkat penjualah tanah,” ucap Arifuddin Mane.

Selain itu, meningkatnya permintaan properti serta lokasi yang strategis juga menjadi pemicu tingginya harga tanah. Kota Makassar diketahui merupakan gerbang Indonesia Timur sehingga menjadi incaran para pengembang besar sebagai lahan investasi.

Tags :