Akselerasi Digital Perbankan Buka Ekspansi Pasar Bank Mandiri

Dendi Ramdani - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Gowa - Bank Mandiri memaparkan sejumlah tantangan dan optimisme serta kinerja positif selama tahun 2022 hingga awal 2023 dalam 3rd CEO Bussiness Forum yang digelar di kawasan Padivalley, Gowa, Sulawesi Selatan.

Sejumlah tantangan dihadapi sektor perbankan selama pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir, bahkan ketegangan politik dan krisis energi di berbagai negara menyebabkan ketidakpastian ekonomi global.

Departement Head of Industry and Regional Research Office of the Chief Economist, Dendi Ramdani mengatakan ekonomi digital jadi kesempatan untuk ekspansi pasar yang tanpa batas.

Penduduk di Sulsel 63 persen memiliki akses internet, sisa bagaimana memamfaatkan akselerasi untuk memproduksi dengan pasar yang lebih besar.

"Dari sisi perbankan, semua semakin digital. Bank Mandiri menghadirkan solusi perbankan digital melalui Livin’ by Mandiri dan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri. Efisiensi dan penetrasi pasar, infrastruktur sudah cukup untuk peningkatan produksi dan pasar lebih luas," ungkap Dendi, Kamis (8/6/2023).

Meski demikian, Bank Mandiri memberikan optimisme besar terhadap ketahanan ekonomi nasional. "Kami melihat sisi optimisnya, Indonesia berbeda dari negara lain karena pertumbuhan didominasi konsumsi rumah tangga domenstic demand di angka 10 persen," pungkasnya.

Dendi menambahkan dominasi di Pulau Jawa diakui masih memegang peran, namun potensi di Sulsel atau Indonesia Timur secara umum perlu diperhatikan, karena potensi Indonesia kedepan berasal dari Indonesia Timur.

Meski demikian, pekerjaan rumah pemerintah tetap masih di infrastruktur, bagaimana melakukan pemerataan infrastruktur.

Bank Mandiri terus berupaya memperluas ekosistem bisnis sektor ekonomi digital, sejalan dengan strategi bisnis yang konsisten pada segmen yang dianggap potensial.

Pada awal 2023, Bank Mandiri berhasil membukukan kinerja keuangan yang positif. Hal ini tercermin dari perolehan laba bersih konsolidasi pada kuartal I 2023 yang mencapai Rp12,6 triliun, tumbuh menembus 25,2% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di CEO Business Forum merupakan wadah untuk sharing pengalaman dan pandangan mengenai situasi dan kondisi bisnis maupun perekonomian global, domestik, dan regional (kawasan dan provinsi) antara pelaku usaha swasta dan BUMN, serta pemerintah dan regulator.

Perhelatan Celebes Economic Outlook (CEO) Bussines Forum (BF) merupakan kali ketiga digelar di tahun ini. Edisi ketiga ini dibuat dengan konsep berbeda di Kawasan Golf Padivalley, Kamis, 8 Juni 2023.

Laporan: Azwar Parawangi