Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jayapura, 4 Warga Meninggal

Pusat gempa magnitudo 5,4 di Kota Jayapura, Papua - (foto BMKG)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Gempa magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) pukul 15.28 WIT.

BMKG melaporkan gempa episenter gempa terletak pada koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat hingga Kamis petang, terdata 4 warga meningga dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan bahwa keempat korban ditemukan dari puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan gempabumi.

Proses evakuasi 4 korban tewas memakan waktu karena letak cafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," jelas Asep mengutip siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), Kamis (9/2).

Gempa bumi yang dirasakan kuat selama 2-3 detik. Asep juga mengaku merasakan gempa susulan.

“Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan,” ujar Asep.

Akibat gempa, rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan rusak. Pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun jumlah korban jiwa dan luka. Tim gabungan juga mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.

BNPB mengimbau  masyarakat agar tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempabumi susulan.